Tanda dan Ciri Penyakit Ginjal Yang Perlu Diketahui

Ciri Penyakit Ginjal – Walaupun tanda-tanda penyakit ginjal dapat ditunjukkan secara fisik namun banyak penderita penyakit ginjal yang tak menyadarinya, masalahnya mereka menyangka bahwa gejala yang muncul tsb adalah gejala penyakit lainnya. Selain itu kebanyakan penderita penyakit ginjal kronis baru menyadari penyakitnya saat sudah parah yaitu saat terjadi gagal ginjal atau saat ditemukannya protein di dalam urin.

Walaupun demikian, tak ada salahnya bila Sehat Plus tetap membagikan tanda dan ciri yang mungkin akan muncul bila menderita penyakit ginjal sebagai alert pertama sehingga penanganan dini dapat segera dilakukan.

Saat Anda berisiko terkena penyakit ginjal misalnya karena memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, ada keluarga yang mengalami gagal ginjal, atau usia Anda lebih dari 60 tahun, maka sangat direkomendasikan bila Anda melakukan pengecekan kondisi ginjal Anda setiap tahun. Informasikan juga pada dokter mengenai tanda dan ciri penyakit ginjal yang  Anda alami kepada dokter kepercayaan Anda.

Tanda dan Ciri Penyakit Ginjal

Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin muncul bila Anda mengalami sakit ginjal, yaitu:

1. Lelah atau Sulit Konsentrasi

Bila Anda tidak melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang berlebihan lalu Anda sering merasa lelah, Anda sepatutnya curiga karena mungkin ini adalah salah satu tanda dan ciri penyakit ginjal. Penurunan fungsi ginjal dapat memicu terjadinya penumpukan toksin dan zat-zat buangan di dalam darah. Itulah sebabnya penderita akan merasa lelah, lemas, dan tak bisa fokus. Efek ini akan semakin parah bila terjadi anemia sebagai komplikasi dari penyakit ginjal.

2. Kurang Napsu Makan, Mual & Muntah

Kurang napsu makan memang sangat umum terjadi pada orang yang menderita penyakit termasuk menjadi tanda dan ciri penyakit ginjal. Begitu pula bila Anda sering mengalami mual-mual dan muntah belakangan ini, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

3. Kram Otot

Salah satu penyebab kram otot adalah ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh sebagai akibat dari fungsi ginjal yang terganggu.

4. Sulit Tidur

Jangan sepelekan bila Anda merasa susah tidur belakangan ini karena bisa jadi ini adalah tanda dan ciri penyakit ginjal. Saat ginjal tidak dapat menyaring darah secara benar maka toksin akan tetap berada di dalam darah yang menyebabkan seseorang akan sulit tidur. Terdapat kaitan juga antara kegemukan dan penyakit ginjal kronis dimana mereka akan mengalami “sleep apnea” (salah satu penyakit gangguan tidur).

5. Pembengkakan Kantung Mata

Bukan hanya kurang tidur yang dapat menyebabkan kantong mata Anda menebal dan bengkak namun bisa jadi juga tanda dan ciri penyakit ginjal. Terjadinya kebocoran urin pada ginjal yang rusak adalah penyebab pembengkakan kantong mata tsb.

Baca juga:   Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya!

6. Kulit Kering dan Gatal

Tak hanya faktor cuaca yang dapat menyebabkan kulit kering dan gatal karena bisa jadi karena gangguan ginjal. Fungsi ginjal yang normal seharusnya mampu membuang zat sisa dan kelebihan cairan di dalam tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, membantu menjaga kesehatan tulang, dan menjaga keseimbangan mineral di dalam darah. Kulit kering dan gatal dapat menjadi salah satu tanda dan ciri penyakit ginjal karena ginjal tak mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi pada kulit.

7. Sering Buang Air Kecil

Jika Anda merasa ingin terus buang air kecil terus menerus terutama saat malam hari mungkin ini adalah salah satu tanda dan ciri penyakit ginjal yang perlu diwaspadai. Saat saringan glomeruli ginjal rusak maka keinginan untuk kencing akan meningkat. Selain itu, tanda tsb pun dapat menjadi gejala infeksi kemih atau pembesaran prostat pada pria.

8. Darah dalam Urin

Tanda dan ciri penyakit ginjal berikutnya adalah munculnya darah dalam urin. Saat terjadi kerusakan pada filter ginjal maka sel darah merah akan bocor dan terbawa dalam urin. Darah dalam urin pun dapat menjadi tanda adanya tumor, batu ginjal, atau infeksi ginjal.

9. Urin Berbusa

Saat Anda buang air kecil cobalah perhatikan urin Anda, bila berbusa atau terdapat banyak gelembung udara Anda sepatutnya hati-hati karena itu bisa jadi tanda dan ciri penyakit ginjal. Busa (seperti busa saat mengocok telur) tsb menandakan adanya protein di dalam urin.

10. Pembengkakan Pada Kaki

Kaki bengkak termasuk pergelangannya adalah salah satu tanda dan ciri penyakit ginjal yang perlu diwaspadai. Penurunan fungsi ginjal dapat memicu penimbunan natrium di dalam tubuh sehingga menarik cairan lebih banyak pada kaki. Pembengkakan kaki juga dapat menjadi tanda terjadinya sakit jantung, sakit liver, dan gangguan pembuluh darah vena kronis pada kaki.

tanda dan ciri penyakit ginjal

11. Tanda dan Ciri Penyakit Ginjal Lainnya

Beberapa ciri ciri penyakit ginjal lainnya adalah nyeri dada (bila cairan menumpuk di sekitar jantung), sesak napas (bila cairan menumpuk di paru-paru), cegukan, dan tekanan darah tinggi yang sulit dikontrol.

Itulah beberapa tanda dan ciri penyakit ginjal yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.kidney.org/news/ekidney/august14/10_Signs_You_May_Have_Kidney_Disease; www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kidney-disease/basics/symptoms/con-20026778 image credit : vistasmed.com, kidney-healthy.com