Vaksin Hepatitis B, Segala Hal Yang Perlu Anda Tahu

Vaksin Hepatitis B – Perlu Anda ketahui hampir 10% penduduk Indonesia menderita penyakit hepatitis B. Salah satu tindakan pencegahan penyakit ini adalah dengan vaksinasi.

Pemberian vaksin hepatitis B memang merupakan salah satu jenis imunisasi wajib pada bayi namun orang dewasa pun dapat melakukan vaksinasi ini juga untuk menghindari penularan penyakit. Berikut ini selengkapnya informasi mengenai vaksinasi hepatitis B yang akan diulas Dunia Kesehatan berikut ini …

Apa Itu Penyakit Hepatitis B

Penyakit hepatitis B adalah sebuah penyakit infeksi yang terjadi pada organ hati / liver yang disebabkan oleh serangan virus hepatitis B. Penyakit ini dapat menulari seseorang karena terkena kontak cairan tubuh dengan penderita, misalnya memalui transfusi darah, penggunaan jarum suntik yang bersamaan, ataupun melalui hubungan intim.

Bila infeksi hepatitis ini dibiarkan maka dapat mengakibatkan kerusakan hati, sirosis (pengerasan hati), dan kanker hati.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko tertularnya penyakit hepatitis B, yaitu:

  • Memiliki pasangan yang terinfeksi hepatitis B.
  • Pengguna narkoba dengan jarum suntik.
  • Penderita HIV.
  • Memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan darah atau cairan lain dari tubuh manusia seperti petugas kesehatan dan petugas kebersihan yang menangani pembuangannya.
  • Sering menerima transfusi darah seperti pada penderita talasemia, sickle cell anemia, hemophilia, dan sirosis, serta yang melakukan hemodialis pada penderita ginjal.
  • Kontak dengan peralatan rumah tangga dari seseorang yang terinfeksi hepatitis B.
  • Penderita diabetes.
  • Staf dan penghuni dalam institusi rumah sakit jiwa.
  • Orang yang sering berganti-ganti pasangan, orang yang terkena penyakit kelamin, dan orang yang berhubungan badan dengan sesama jenis.
  • Bayi yang baru lahir dari ibu penderita hepatitis B.

Baca juga: 
Beda Vaksin Hepatitis B Dewasa dan Anak (Bayi)

Apa Itu Vaksin Hepatitis B?

vaksin hepatitis b
Vaksin Hepatitis B (dreamstime.com)

Vaksin adalah suatu produk yang dibuat dari bagian virus / bakteri yang dilemahkan untuk tujuan pencegahan maupun pengobatan. Sementara vaksin Hepatitis B  adalah sebuah produk yang mengandung antigen virus Hepatitis B. Dari segi pembuatannya dikenal juga vaksin Hepatitis B rekombinan yang mengandung antigen virus Hepatitis B dan HBsAg, yang tidak menginfeksi yang dihasilkan dari biakan sel ragi dengan teknologi rekayasa DNA.

Baca juga:   Penyebab Infeksi Saluran Kemih, Gejala dan Cara Mengatasinya

Beberapa manfaat vaksinasi hepatitis B diantaranya adalah

  • Mencegah tertularnya penyakit infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B.
  • Mencegah akibat yang ditimbulkan infeksi hepatitis B seperti sirosis dan kanker hati.

Dosis dan Jadwal Pemberian Vaksin

Vaksin Hepatitis B dapat digunakan pada semua usia yang biasanya diberikan sebanyak 3-4 kali suntik dalam periode 6 bulan.

Jadwal Imunisasi Vaksin Hepatitis B Pada Bayi

Vaksin Hepatitis B pada bayi diberikan pada saat dilahirkan (sebaiknya 12 jam setelah dilahirkan), lalu pada usia 1-2 bulan, dan kemudian pada usia 6-18 bulan. Bila menggunakan vaksin hepatitis kombinasi, biasanya bayi akan mendapatkan jadwal imunisasi sebanyak 4 kali.

Jadwal Imunisasi Hepatitis B Pada Orang Dewasa

Pada orang dewasa, jadwal pemberian vaksin hepatitis B terbagi dalam 3 dosis juga, yaitu dengan jeda 4 minggu dari vaksin pertama dan 5 bulan dari vaksin kedua. Pemberian dosis khusus dapat saja dilakukan tergantung dari kondisi Anda.

Efek Samping Vaksin Hepatitis B

Beberapa reaksi yang umum terjadi adalah demam dan rasa nyeri saat disentuh setelah melakukan vaksinasi. Reaksi ini biasanya akan berkurang dalam 2 hari.

Efek samping yang lebih parah seperti reaksi alregi  dapat saja terjadi walaupun kasusnya jarang.

Beberapa reaksi ringan setelah pemberian vaksinasi yang sering terjadi, seperti rasa nyeri ketika disentuh dan demam. Jarang terjadi masalah atau efek samping yang lebih berat.

Cara Mendapatkan Vaksinasi Hepatitis B

Vaksinasi hepatitis B termasuk dalam jenis imunisasi wajib pada bayi. Anak Anda dapat mendapatkan jadwal imunisasi vaksin hepatitis B secara gratis di Posyandu terdekat.

Namun untuk orang dewasa, vaksinasi ini dapat dilakukan di rumah sakit atas dasar kesadaran pribadi dengan biaya sendiri. Harga vaksin hepatitis B adalah di kisaran ratusan ribu rupiah sekali suntik tergantung dari merk dan RS yang Anda gunakan.

Baca juga:
Daftar Harga / Biaya Imunisasi Klinik Vaksinasi Raisha

Perhatian dan Peringatan

Berikut ini adalah beberapa peringatan yang perlu dipertimbangkan saat akan melakukan vaksinasi hepatitis B, yaitu:

  • Pemberian vaksin hepatitis B sebaiknya tidak diberikan pada orang yang sedang mengalamai demam berat atau yang sedang mengalami infeksi.
  • Walaupun efek antigen terhadap janin belum dapat diketahui secara pasti, sebaiknya pemberian vaksin hepatitis B pada ibu hamil tidak dilakukan.
  • Vaksinasi ulangan (booster) diperlukan pada pasien dialisis atau yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah.

Itulah beberapa informasi seputar vaksin Hepatitis B yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat …