Cara Menyembuhkan dan Mengatasi Sakit Perut Berdasarkan Penyebabnya

Lobak merah menjadi bahan pilihan untuk ditambahkan ke dalam salad karena memiliki tekstur renyah, rasanya yang segar dan sedikit pedas. Apa saja kandungan dan manfaat lobak merah untuk kesehatan?

Cara Mengatasi Sakit Perut – Setiap orang pasti sudah pernah merasakan sakit perut. Nyeri yang terasa di sekitar perut ini biasanya tidak memiliki penyebab serius namun untuk beberapa kasus, nyeri perut ternyata adalah gejala penyakit lain yang lebih serius.

Agar Anda dapat mengetahui cara menyembuhkan dan cara mengatasi sakit perut secara tepat maka Anda pun sebaiknya mengetahui penyebab sakit perut tsb. Bila Anda tidak yakin dengan penyebab sakit perut tsb maka sebaiknya konsultasikanlah ke dokter kepercayaan Anda untuk mengetahui diagnosa penyakit yang Anda alami.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sakit perut dan cara menyembuhkan nyeri perut yang akan diulas oleh sehatplus.org berikut ini …

Cara Mengatasi Sakit Perut Berdasarkan Penyebabnya

Sakit perut biasa biasanya hanya berlangsung sementara dan tidak berbahaya. Sementara sakit perut yang berbahaya biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang parah, terjadi tiba-tiba, dan terpusat pada satu titik tertentu.

Untuk menyembuhkan sakit perut biasanya biasanya dapat dilakukan di rumah baik dengan cara alami maupun menggunakan obat yang dijual bebas. Sementara cara mengatasi sakit perut yang parah sebaiknya segera datanglah ke klinik / rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

cara menyembuhkan dan cara mengatasi sakit perut
Sakit / Nyeri Pada Perut (sharecare.com)

Cara Menyembuhkan Sakit Perut Yang Disertai Diare

Bila Anda mengalami kram perut yang disertai diare besar kemungkinan Anda mengalami gastroenteritis yaitu radang perut yang disebabkan infeksi virus ataupun bakteri.  Biasanya selain diare akan disertai juga dengan muntah-muntah. Dampak dari penyakit ini adalah dehidrasi dan lemas.

Penyebab sakit perut gastroenteritis biasanya adalah mengkonsumsi makanan / minuman yang terkontaminasi atau tidak dimasak dengan baik.

Karena jenis penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya setelah makanan terkontaminasi tsb keluar dari tubuh, maka cara mengatasi sakit perut jenis ini yang terpenting adalah memperbanyak minum seperti oralit untuk mengganti kehilangan cairan tubuh.

Yang perlu diwaspadai bila sakit perut tsb terjadi selama beberapa hari maka bisa jadi disebabkan penyakit lainnya. Untuk mengatasi sakit perut dengan kondisi ini segeralah periksakan diri ke dokter.

Penyebab sakit perut yang disertai diare lainnya adalah seperti reaksi alergi, tipes, infeksi cacing, disentri, sindrom PMS (pramenstruasi), dan juga efek samping obat-obatan. Untuk memastikan penyebabnya silahkan konsultasikan ke dokter, namun biasanya cara berikut ini akan dilakukan, yaitu:

  • Untuk menyembuhkan sakit perut karena alergi adalah dengan menghindari allergen penyebab alergi dan mengkonsumsi obat anti alergi.
  • Untuk mengatasi sakit perut karena tipes adalah dengan mengobati penyakit tipes yang diderita.
  • Untuk mengatasi sakit perut karena infeksi cacing adalah dengan mengkonsumsi obat anti cacing.
  • Untuk menghilangkan sakit perut karena PMS adalah dengan mengkonsumsi obat anti nyeri.
  • cara menghilangkan sakit perut karena obat-obatan adalah dengan menghentikan pengobatan atau konsultasikan ke dokter.

Cara Mengatasi Sakit Perut Karena Masuk Angin

Jenis nyeri berikutnya adalah sakit perut karena masuk angin. Saat seseorang masuk angin biasanya akan mengalami perut kembung dan kram perut. Beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan timbunan gas di perut seperti kol, brokoli, dan minuman bersoda.

Cara mengatasi sakit perut karena masuk angin dapat menggunakan obat bebas seperti buscopan, atau Anda dapat menggunakan minyak angin agar perut Anda terasa nyaman.

Baca juga:   Penyebab, Gejala dan Pengobatan Diare Yang Perlu Diketahui

Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Mendadak dan Parah

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang menjadi penyebab sakit perut parah dan perlu diwaspadai, yaitu:

  • Radang usus buntu – Gejala umum yang muncul pada radang usus buntu adalah rasa sakit di bagian bawah kanan perut. Cara mengatasi sakit perut jenis ini adalah operasi.
  • Batu ginjal – Gejala umum yang muncul adalah rasa sakit di perut bagian bawah juga bagian pinggang. Rasa sakit ini umum muncul saat akan buang air kecil. Cara mengatasi sakit perut jenis ini adalah dengan operasi pengangkatan batu. Untuk menghindarinya, perbanyaklah minum air putih setidaknya 2 liter sehari.
  • Tukak peptik yaitu luka yang terjadi pada dinding usus halus. Bila dibiarkan maka akan menyebabkan pendarahan dan membuat lubang di saluran pencernaan. Silahkan hubungi dokter untuk mendapatkan cara mengatasi sakit perut jenis ini.
  • Diverkulitis yaitu radang pada kantong-kantong kecil ada di dinding usus besar. Gejala yang umum terjadi adalah nyeri perut, kembung, diare, mual, demam.
  • Batu empedu – Cara mengatasi sakit perut jenis ini adalah operasi yang dikenal dengan koleksistektomi laparoskopi.

Cara Menghilangkan Sakit Perut Kronis

Sakit perut kronis adanya nyeri perut yang terjadi dalam jangka waktu yang lama atau terus berulang. Beberapa penyebab sakit perut kronis yang umum adalah menstruasi, infeksi saluran kemih, konstipasi, dan sakit maag. Sementara penyebab sakit perut kronis yang jarang terjadi adalah penyakit Crohn (yaitu penyakit radang dinding sistem pencernaan) dan sindrom iritasi usus (gejala yang muncul adalah perut kejang / mengencang, dan rasa nyeri akan hilang saat buang angin atau buang air besar).

Silahkan periksakan diri ke dokter terdekat untuk mengetahui penyebab pastinya sehingga dapat diketahui dengan jelas cara menyembuhkan sakit perut kronis tsb secara tepat.

Kapan Harus Ke Dokter?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kebanyakan sakit perut yang dialami adalah jenis perut biasa dan tidak memerlukan penanganan khusus. Namun ada juga dari beberapa penyebab sakit perut yang parah adalah kondisi yang serius.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang harus diwaspadai dan bila Anda merasakan kondisi ini segeralah hubungi pusat kesehatan terdekat:

  • Disertai demam
  • Disetai muntah-muntah selama beberapa hari, apalagi bila berdarah
  • Terasa sakit saat buang air kecil atau terlalu sering buang air kecil
  • Tidak dapat buang air besar
  • Perut terasa sakit saat disentuh
  • Buang air besar bercampur darah
  • Sakit perut saat hamil
  • Sulit bernapas

Bila Anda mengalami kondisi di atas, jangan tunggu lagi segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.

Cara Menjaga Kesehatan Perut

Selain cara menyembuhkan dan mengatasi sakit perut seperti yang telah diuraikan di atas, sebaiknya Anda pun dapat menjaga kesehatan perut Anda dengan beberapa tips berikut ini:

  • Berhentilah merokok karena merokok dapat memicu produksi asam lambung dan menyebabkan nyeri ulu hati.
  • Makanlah makanan sehat bergizi seimbang. Hindarilah makanan yang terlalu berlemak ataupun terlalu pedas untuk menghindari iritasi saluran pencernaan. Sebaiknya perbanyaknya makan buah dan sayuran karena kandungan seratnya dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.
  • Melakukan olahraga teratur sehingga memiliki berat badan tidak berlebihan. Selalu aktif melakukan aktivitas fisik pun akan membantu kesehatan saluran pencernaan.
  • Hindarilah stress agar terhindar sindrom iritasi usus.
  • Hindarilah konsumsi minuman keras atau minuman beralkohol, minuman berkafein, dan minuman bersoda. Alkohol pun dapat memicu penyakit liver.
  • Perbanyaknya konsumsi air puih setidaknya 2 liter sehari.

Itulah beberapa cara menyembuhkan dan cara mengatasi sakit perut yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.webmd.com/pain-management/guide/abdominal-pain-causes-treatments; www.alodokter.com/sakit-perut/