10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Efektif dan Permanen

Cara Menghilangkan Bau Mulut – Pernahkah Anda mengalami merasa tak nyaman bila berbicara dengan orang yang memiliki bau mulut yang tak sedap? Atau mungkin Anda sendiri yang sering tak “PD” berbicara karena bau mulut ini?

Banyak sekali penyebab bau mulut, namun biasanya terjadi karena kesehatan gigi dan seputar mulut yang tidak terawat serta faktor makanan yang kita konsumsi. Bila Anda mengalaminya sebaiknya Anda coba cara menghilangkan bau mulut secara permanen yang akan diulas oleh SehatPlus berikut ini …

cara menghilangkan bau mulut
Bau Mulut Bikin Tak “PD”

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Permanen

Sebetulnya sangat mudah untuk membuat napas Anda segar sekaligus menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda dengan mengikuti cara berikut ini:

  1. Sikat Gigi

Salah satu penyebab bau mulut adalah banyaknya plak yang menempel di gigi. Plak inilah yang menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab bau mulut. Selain itu adanya sisa makanan yang terjebak pada plak ini pun ikut memperparah masalah napas tidak sedap tsb.

Walaupun para praktisi kesehatan menyarankan sikatlah gigi Anda sehari 2x dan bersihkan gigi menggunakan benang setidaknya sehari sekali. Namun bila Anda ingin mulut Anda tetap sehat dan segar sikatlah gigi Anda setiap kali Anda selesai makan.

Perlu Anda ketahui tak ada cara menghilangkan bau mulut yang lebih efektif selain membersihkan gigi dan mulut Anda. Hal ini pun dapat mencegah sakit gigi. Namun ingat janganlah menyikat secara berlebihan karena dapat merusak lapisan gigi.

Bila cara menghilangkan bau mulut dengan menyikat gigi tidak memungkinkan misalnya karena Anda sedang berada dalam perjalanan, sebaiknya kumur-kumurlah menggunakan air putih setelah makan untuk melepaskan sisa makanan yang menempel di gigi.

  1. Gunakan Mouthwash

Sekarang banyak sekali mouthwash yang dijual di pasaran dengan aneka rasa dan harga. Menggunakan moutwash selain menyikat gigi merupakan cara menghilangkan bau mulut yang layak Anda coba. Selain menyegarkan napas Anda, moutwash pun dapat memberikan perlindungan ekstra dari serangan bakteri penyebab bau mulut.

Namun ingat sebaiknya Anda pilih mouthwash yang tidak mengandung alkohol karena selain alkohol haram terkonsumsi bagi Anda yang muslim juga karena alkohol dapat membuat mulut kering dan malah memperburuk masalah yang ada.

  1. Gosok Lidah

Lapisan yang ada di atas lidah memang terbentuk secara normal, namun bila tidak segera dibersihkan dapat menjadi rumah yang nyaman untuk bakteri penyebab bau mulut. Jadi gosoklah lidah Anda dengan sikat gigi secara perlahan atau gunakan penggosok lidah sebagai cara menghilangkan bau mulut. Penggosokan ini terbukti efektif menghilangkan bakteri, sisa makanan, dan sel-sel mati.

  1. Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut
Baca juga:   Penyakit Jantung : Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Beberapa makanan dapat menjadi penyebab bau mulut seperti bawang, petai, jengkol, dll. Zat penyebab bau yang terdapat pada makanan atau minuman tsb dapat masuk ke pembuluh darah dan masuk ke paru-paru dan menyebabkan napas Anda tidak segar.

Cara menghilangkan bau mulut karena penyebab makanan ini yang paling efektif adalah dengan tidak mengkonsumsinya atau hindari memakannya bila Anda akan bepergian atau bertemu dengan teman Anda.

  1. Berhenti Merokok

Banyak sekali dampak buruk dari merokok, salah satunya menjadi penyebab bau mulut. Bila Anda seorang perokok maka cobalah untuk berhenti merokok sekarang juga untuk menghindari aneka penyakit berbahaya dan sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut yang Anda alami.

  1. Hindari Permen

Permen atau kembang gula merupakan sumber gula yang sangat disukai oleh bakteri di mulut Anda. Bila Anda terbiasa mengkonsumsi permen maka cobalah ganti permen tsb dengan mengunyah permen karet sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut yang Anda derita. Alasannya karena permen karet akan menstimulasi produksi air ludah yang dapat melawan pembentukan plak gigi dan penyebab bau mulut.

  1. Jaga Kesehatan Gusi

Selain masalah kesehatan gigi, masalah kesehatan gusi pun seperti gusi bengkak seringkali menjadi penyebab bau mulut. Jika Anda memiliki masalah pada gusi, cobalah periksakan gusi Anda pada dokter gigi untuk mendapatkan penanganan secepatnya sebagai cara menghilangkan bau mulut Anda.

  1. Jaga Mulut Anda Tetap Lembap

Mulut kering karena kurangnya produksi air ludah merupakan salah satu penyebab bau mulut. Untuk itu cobalah Anda minum air setiap kali Anda merasa mulut Anda kering. Atau Anda pun dapat mengunyah permen karet sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur Segar

Buah dan sayur segar dan bertekstur kriuk seperti apel, selada, wortel, pir, dan mentimun merupakan bahan alami yang dapat membersihkan gigi Anda dan sebagai cara menghilangkan bau mulut. Selain itu kandungan antioksidan dalam buah dan sayur juga dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi.

  1. Gunakan Tanaman Herbal

Anda pun dapat menggunakan tanaman herbal sebagai cara menghilangkan bau mulut yang efektif. Daun parsley, cardamom, peppermint, sirih merupakan tanaman herbal yang efektif untuk mendapatkan napas segar.

Itulah 10 cara menghilangkan bau mulut secara efektif yang layak Anda coba. Jika bau mulut Anda tetap ada setelah menggunakan cara di atas, segeralah periksakan diri ke dokter karena mungkin ada kondisi penyakit lain yang perlu penanganan serius. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:
webmd.com/oral-health/healthy-mouth-15/your-healthy-mouth/get-rid-bad-breath? ; davisanddingle.com/blog/bid/183365/How-to-Get-Rid-of-Bad-Breath-Permanently; image credit: dentist-brampton.com