Gejala Toxoplasma / Toksoplasmosis Yang Perlu Diketahui

Sayuran bayam kaya antioksidan menjadikannya bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Gejala Toxoplasma – Toksoplasmosis adalah sebuah penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Jenis penyakit ini tidak akan menular dari satu orang ke orang lainnya namun memerlukan perantara melalui hewan atau burung. Kasus yang umum biasanya orang terinfeksi dari parasit ini melalui kotoran kucing. Nah bila Anda sangat menyukai kucing, tak ada salahnya bila Anda selalu waspada akan penyakit ini.

gejala toxoplasma dan tanda-tanda toksoplasmosis

Memang betul kebanyakan orang yang terjangkit penyakit toksoplasmosis memang tidak menunjukkan gejala tertentu atau gejala toxoplasma yang timbul sangat mirip dengan flu sehingga jarang sekali orang menyadarinya.

Namun gejala tsb dapat muncul lebih parah pada orang dengan kondisi tertentu seperti orang dengan kekebalan tubuh yang rendah, sedang hamil, ataupun pada bayi.

Gejala Toksoplasmosis Yang Umum

Berikut ini adalah gejala toxoplasma yang umum terjadi dan mirip sekali dengan flu, seperti:

  • Sakit kepala
  • Sakit-sakit badan
  • Demam
  • Lelah
  • Pembengkakan kelenjar limpa

Gejala Toxoplasma Pada Penderita Dengan Sistem Kekebalan Yang Rendah

Pada orang yang sedang menderita HIV / AIDS, sedang dalam pengobatan kemoterapi, baru saja melakukan pencangkokan organ, atau dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah lainnya maka akan menunjukkan tanda-tanda toksoplasmosis yang lebih parah, meliputi:

Gejala Toxoplasma Pada Bayi

Jika Anda sedang hamil, sebaiknya Anda berhati-hati karena infeksi toksoplasmosis yang Anda derita pertama kali saat kehamilan dapat menular ke bayi Anda walaupun Anda tidak mengalami tanda-tanda ataupun gejala toxoplasma sama sekali.

Baca juga:   Penyebab Penyakit Kanker Yang Umum dan Perlu Diketahui

Bayi dalam kandungan akan memiliki risiko terkena toxoplasmosis lebih tinggi bila Anda terinfeksi parasit ini pada trimester ketiga atau pada trimester pertama. Bahkan masa-masa trimester pertama ini sangat rentan karena akan memberikan dampak yang lebih serius pada bayi Anda yaitu keguguran, kematian saat dilahirkan ataupun bila berhasil dilahirkan maka bayi akan mengalami gejala toxoplasma sbb:

  • Kejang-kejang
  • Pembengkakan hati dan limpa
  • Menguningnya kulit dan area putih mata (disebut juga sebagai jaundice).
  • Infeksi mata yang parah

Perlu Anda ketahui hanya sebagian kecil bayi saja yang menunjukkan gejala toxoplasma saat dilahirkan. Kebanyakan kasus, bayi-bayi ini tidak mengalami ciri-ciri ataupun tanda-tanda toksoplasmosis seperti kehilangan pendengaran, cacat mental ataupun infeksi mata sampai mereka menginjak usia remaja.

Jika Anda mengalami gejala toxoplasma seperti yang diuraikan di atas ataupun Anda sedang menderita HIV / AIDS, atau sedang hamil, atau mengira sedang hamil, maka segeralah periksakan diri Anda untuk melakukan pengujian apakah Anda terinfeksi atau tidak.

Sumber Referensi:
www.mayoclinic.org/diseases-conditions/toxoplasmosis/basics/symptoms/con-20025859 image credit: totalhealthguide.co.uk