Deteksi Penyakit Lewat Mata, Begini Caranya!

Cara Deteksi Penyakit Lewat Mata – Mata ibaratnya jendela dimana kita dapat menambah wawasan dengan melihatnya. Namun selain untuk fungsi penglihatan, ternyata gejala-gejala / tanda-tanda yang muncul di mata pun dapat digunakan untuk mengenali / mengetahui kondisi kesehatan seseorang.

Mengenali gejala yang muncul adalah cara yang harus pertama kali dilakukan untuk mengetahui gangguan kesehatan yang terjadi. Selain dapat mengenali gangguan pada mata juga dapat melakukandeteksi penyakit lewat mata yaitu mengenali penyakit dengan mengenali gejala-gejala yang muncul pada mata.

Nah bila Anda ingin mengetahui cara deteksi penyakit lewat mata atau cara mengetahui kondisi kesehatan melalui mata, silahkan simak ulasan Dunia Kesehatan berikut ini ..

deteksi penyakit lewat mata
image: connectconsultinggroup.com

Beberapa Cara Deteksi Penyakit Lewat Mata Yang Paling Umum

Untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang dapat pula dilihat dari matanya, yuk kenali tanda-tanda pada mata berikut ini ..

Cara Deteksi Penyakit Lewat Mata #1: Bila Penglihatan Tiba-Tiba Kabur

Penglihatan tiba-tiba kabur / ngeblur haruslah Anda waspadai. Pasalnya, gejala ini merupakan tanda adanya gangguan aliran darah ke mata atau ke otak. Segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin untuk mencegah kerusakan yang lebih parah dan bahkan menyelamatkan jiwa Anda. Walaupun penglihatan Anda pulih beberapa saat kemudian tetap harus diwaspadai sebagai gejala awal stroke atau migraine.

Cara Deteksi Penyakit Lewat Mata #2: Bila Penglihatan Tidak Jelas

Penglihatan tidak jelas bisa jadi adalah tanda penyakit diabetes karena terlalu banyak gula di dalam darah. Jika penyakit ini tidak ditangani maka Anda dapat menderita retinopati diabetic yaitu ketika pembuluh darah mata bocor sehingga terjadi pendarahan.

Anda mungkin akan mengalami penglihatan kabur dan kesulitan melihat di malam hari. Biasanya dokter akan menggunakan laser untuk menambal kebocoran pembuluh darah tsb dan mencegah munculnya pembuluh darah baru yang tidak diinginkan.

Cara Cek Penyakit Melalui Mata #3: Bila Mata Anda Tiba-Tiba Menonjol

Mata yang menonjol dapat disebabkan oleh penyakit Graves. Penyakit ini dapat menyebabkan kelenjar tiroid melepaskan terlalu banyak hormone sehingga memicu terjadinya gangguan kesehatan seperti mata menonjol, diare, penurunan berat badan, tangan tremor (gemetaran).

Baca juga:   Rekomendasi Vaksin Untuk Penderita HIV / AIDS

Walaupun sampai saat ini, penyakit ini belum dapat disembuhkan dan bahkan tidak akan mengatasi kondisi mata yang menonjol namun terapi pengobatan atau operasi dapat digunakan untuk mengatur produksi hormon tiroid sehingga kondisi kesehatan Anda tidak semakin parah.

Cara Cek Penyakit Melalui Mata #4: Bila Ada Cincin Mengelilingi Kornea Mata

Cincin pada kornea mata atau disebut juga korneal arkus dapat menyebabkan garis abu putih yang terbentuk dari tumpukan lemak di sisi kornea. Jika usia Anda memang sudah lanjut usia maka kondisi tak perlu dikhawatirkan. Namun bila usia Anda masih di bawah 40 tahun, sebaiknya Anda waspada karena bisa jadi kondisi tsb menandakan Anda mengidap hiperkolesterolimia (tingginya kadar kolesterol dalam darah).

Cara Deteksi Penyakit Lewat Mata #5: Bila Kelopak Mata Jatuh

Kelopak Mata yang turun bisa jadi merupakan gejala miastenia gravis yaitu suatu kondisi yang dapat menyerang sistem imun dan melemaskan otot. Bila penyakit ini menyerang maka mata, wajah, dan kerongkongan akan lemas sehingga menyebabkan kesulitan saat mengunyah makanan, menelan dan bahkan membuat kesulitan bicara. Untuk mengatasi penyakit ini biasanya dokter melakukan penyaringan darah atau melalukan terapi pengobatan atau bahkan operasi pengangkatan kelenjar timus.

Cara Kenali Penyakit Lewat Mata #6: Bila Mata Kekuningan

Kulit dan mata kekuningan merupakan gejala umum penyakit kuning / jaundice yang dapat mengindikasikan adanya gangguan hati. Munculnya tanda kuning ini disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin karena terjadinya peradangan pada liver atau kerusakan liver.

Beberapa faktor pemicu kondisi ini antara lain adalah pola makan tidak sehat, kanker, infeksi, dan ketergantungan alkohol. Untuk mengatasi penyakit liver biasanya dimulai dari perubahan gaya hidup dilanjutkan ke terapi pengobatan dan bila diperlukan dilakukan pencangkokan hati.

Cara Deteksi Penyakit Lewat Mata #7: Bila Mata Kedutan

Mata kedutan dapat terjadi pada siapa saja. Ada yang bilang bila mata kedutan maka akan menangis, ini hanyalah mitos bagi Anda yang percaya. Walaupun biasanya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya, namun ternyata mata kedutan sangat erat kaitannya dengan alkohol, kelelahan, kafein, atau merokok bahkan dalam kasus yang lebih jarang, mata kedutan merupakan pertanda gangguan sistem syaraf seperti adanya penyakit multiple sclerosis. Jika mata kedutan ini adalah gangguan syaraf maka biasanya disertai juga dengan kesulitan berjalan, kesulitan bicara, ataupun kesulitan pergi ke kamar mandi.

Cara Deteksi Penyakit Lewat Mata #8: Bila Tidak Bisa Melihat di Malam Hari

Seiring pertambahan usia, maka Anda akan mengalami kesulitan melihat di bahwa cahaya yang redup sehingga memerlukan bantuan kaca mata atau Anda mengalami katarak. Namun bila Anda masih muda dan mengalami rabun seja, maka mungkin Anda kekurangan vitamin A.

Untuk lebih memahami mengenai tanda-tanda yang muncul di mata dan cara deteksi penyakit lewat mata silahkan lihat gambar berikut ini..

cara deteksi penyakit lewat mata
Ilustrasi – Cara Deteksi Penyakit Lewat Mata

Itulah 8 cara deteksi penyakit lewat mata yang perlu Anda kenali. Yuk jaga kesehatan mata dan kondisi tubuh kita. Semoga informasi cara cek kondisi kesehatan melalui mata ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Sumber Referensi:
webmd.com