Anda mungkin kecewa tapi tidak ada pengobatan di rumah untuk menyembuhkan HIV / AIDS. Pengobatan di rumah hanya dapat dilakukan untuk memperbaiki kekebalan tubuh secara keseluruhan yang sangat diperlukan saat menderita HIV sehingga cara ini dapat digunakan untuk mencegah HIV berkembang menjadi AIDS atau mencegah AIDS tidak berkembang terlalu cepat.

Nah bila Anda bertanya cara pengobatan rumah untuk mencegah AIDS, maka jawabannya ada.

Perlu Anda ketahui, senjata yang paling kuat untuk menangani AIDS adalah melakukan hubungan seksual yang tepat dan aman, pengobatan yang tepat saat pasien HIV hamil, menggunakan jarum bersih steril selama pengobatan dan donor darah, menggunakan pisau dan gunting steril di salon umum dan salon kecantikan, dan kesadaran kebersihan secara umum.

Namun sebelum jauh membahas mengenai cara mencegah AIDS yang dapat dilakukan di rumah, sebaiknya Anda kenali dulu apa itu HIV / AIDS, cara penularan, dan gejala awal HIV/AIDS.

cara pengobatan rumah untuk mencegah aids
cara pengobatan rumah untuk mencegah aids (image: biliranisland.com)

Apakah Itu Penyakit HIV / AIDS?

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menular, biasanya ditularkan melalui cairan tubuh, seperti darah dan cairan lainnya. Begitu tertular, hal itu bisa berujung pada penurunan aktivitas sistem kekebalan tubuh, yang berarti tubuh kurang mampu melawan infeksi. Sistem kekebalan tubuh yang menurun ini berfungsi setelah infeksi HIV disebut AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

Saat ini, AIDS adalah salah satu musuh manusia yang paling berbahaya dan fatal. Pada tahun 1981, AIDS ditemukan pada individu homoseksual. Saat seseorang mengalami AIDS maka orang tsb sangat rentan sekali terkena penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur ataupun sangat mudah terserang penyakit lainnya.

Bagaimana Cara Penularan HIV?

HIV ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh seseorang yang terinfeksi, seperti air liur, darah atau air mani. Biasanya ditularkan melalui hubungan seksual ataupun penggunaan jarum suntik pada pegguna narkoba.

Selain itu, penularan HIV juga bisa melalui cairan vagina dan ASI, dan dengan demikian bisa ditularkan dari ibu ke anak dalam proses persalinan dan menyusui.

Apa Saja Gejala HIV?

Gejala HIV beragam, dan dalam beberapa kasus, gejala mungkin ringan, dan mungkin dianggap sebagai gejala flu biasa, seperti demam dan kelenjar getah bening yang membengkak.

Tanda-tanda HIV pada pria mungkin saja berbeda dengan gejala HIV pada wanita.

Dalam kasus lain, gejala mungkin lebih dramatis, mencolok atau tidak nyaman, seperti penurunan berat badan, kelelahan ekstrem, atau diare yang berlangsung terus menerus. Jika Anda mengalami gejala tersebut dan mengira Anda terkena HIV, paling baik Anda ke dokter untuk memeriksakan diri.

Baca juga:   Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Apakah HIV dapat Disembuhkan?

Sampai saat ini, penderita HIV memang tidak dapat disembuhkan. Namun dengan pengelolaan yang baik, penderita tetap dapat hidup normal.

Tindakan pengobatan menggunakan ART (anti retroviral) baik dalam dosis tunggal ataupun kombinasi dengan obat lain digunakan untuk mengurangi jumlah virus di tubuh pasien, memperlambat perkembangan virus, juga dapat mengurangi risiko penularan.

Bagaimana Cara Mencegah HIV?

Jika seseorang belum terpapar HIV, cara terbaik untuk menghindari tertular HIV adalah menghindari kontak cairan tubuh dengan penderita.

Bila pasangan Anda menderita HIV, pastikan Anda / pasangan Anda menggunakan kontrasepsi barier seperti kondom saat melakukan hubungan seksual.

Begitu pula bila penderita sudah melakukan pengobatan ART, maka sebaiknya tetap menggunakan kondom saat hubungan seksual. Dengan perkembangan iptek, sekarang untuk mencegah HIV dapat juga menggunakan vaksin HIV.

Bagaimana Cara Pengobatan Rumah untuk Mencegah AIDS?

Untuk menjalani hidup bahagia dan sehat, langkah-langkah pencegahan berikut membuat Anda terlindungi dari terkena dampak AIDS:

Pilih Monogami: Untuk mencegah AIDS, sangat penting untuk melakukan hubungan seksual yang aman antara dua individu. Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, pekerja seks dan pengguna narkoba yang kecanduan meningkatkan kesempatan Anda untuk terinfeksi. Oleh karena itu, selalu disarankan mempertimbangkan pemikiran ini untuk mencegah HIV AIDS.

Lakukan Seks Aman

Menggunakan kondom saat bersenggama membuat Anda terlindungi dari terkena virus. Pastikan kondom bagus dalam kualitas dan jika kondom bocor saat penetrasi, sebaiknya segera menggunakan tindakan pencegahan lain seperti konsumsi ART.

Cara Mencegah HIV / AIDS Pada Bayi

Telah diamati bahwa jika seorang wanita terinfeksi HIV /  AIDS selama kehamilan, kemungkinan virus tersebut menular ke bayi berkurang jika ibu menjaga kesehatan dirinya dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Menyusui juga dapat menularkan HIV dari ibu ke bayinya. Jadi silahkan konsultasikan ke dokter untuk tindakan pengobatan yang aman baik ke ibu maupun bayinya.

Konsumsi Makanan Bergizi untuk Meningkatkan Imunitas

Sayuran segar, buah-buahan, dan protein tanpa lemak, serta biji-bijian adalah sumber nutrisi yang baik. Makanan bergizi membantu dalam meningkatkan kekuatan, meningkatkan kekebalan tubuh dan memberikan energi tinggi. Seseorang harus menolak hasrat untuk mengkonsumsi junk food terutama saat menderita HIV karena asupan bergizi sangat penting.

Nah itulah beberapa cara mencegah AIDS yang dapat Anda lakukan di rumah. AIDS adalah masalah yang mengancam jiwa yang terjadi karena kesadaran dan pengetahuan yang tidak memadai dan dapat menghancurkan kehidupan orang-orang yang tidak bersalah.

Remaja harus belajar tentang semua cara yang mungkin untuk mengatasi lingkungan AIDS yang ada di dunia sekarang ini, untuk menghasilkan kehidupan yang bahagia dan sehat tanpa rasa takut atau ancaman.

Pengobatan di rumah untuk mencegah AIDS seperti yang disebutkan di atas sebaiknya didiskusikan kembali dengan dokter Anda. Semoga bermanfaat …