Ciri Awal Kehamilan dan Tanda-Tanda Hamil Muda Pada Perut Yang Perlu Diketahui

Banyak yang penasaran dengan tanda-tanda kehamilan awal terutama bagi Anda yang baru pertama kali hamil. Sebagai pasangan yang baru menikah atau pasangan yang telah lama menikah namun belum diberikan momongan, tentunya menginginkan untuk segera hamil dan mendapatkan anak. Telat menstruasi saja belum tentu menunjukkan bila Anda hamil.

Lalu apa saja ciri awal kehamilan? Apakah sakit perut sebelah kiri bawah adalah tanda hamil? Atau adakah tanda-tanda hamil muda pada perut yang perlu diperhatikan?

Itu mungkin sebagian dari pertanyaan Anda. Untuk menjawab hal tsb, yuk ikuti ulasan SehatPlus berikut ini …

Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Hamil, Benarkah?

Nyeri perut bagian bawah atau perasaan seperti perut Anda keras, kembung, ataupun membesar bukanlah merupakan ciri awal kehamilan. Saat disentuh, lambung ataupun perut seseorang tidak akan menunjukkan tanda-tanda awal kehamilan sampai pada waktunya nanti tergantung tipe tubuh seseorang wanita tsb.

Orang yang baru hamil atau mengalami kehamilan pertama kali biasanya tidak mengalami gejala kehamilan awal sampai masa kehamilan 20 minggu atau lebih. Sementara orang yang pernah hamil sebelumnya mungkin akan mengalami ciri awal kehamilan lebih cepat.

ciri awal kehamilan dan tanda-tanda hamil muda
ciri awal kehamilan dan tanda-tanda hamil muda (image: livestrong.com)

Jadi Apakah Ada Tanda-Tanda Hamil Muda Pada Perut Yang Dapat Diketahui?

Apakah akan terasa sakit perut saat awal kehamilan?

Pada umumnya, nyeri perut bagian bawah di awal kehamilan berkaitan dengan:

  • Mual – biasanya terjadi antara 2-8 minggu setelah terjadi konsepsi. Konsepsi sendiri artinya adalah bertemunya sel telur dan sel sperma, waktunya sendiri bisa terjadi saat berhubungan intim atau beberapa hari setelahnya.
  • Kram Perut – mirip dengan kram perut gejala PMS (pre menstrual syndrom) atau bisa jadi merupakan tanda implantasi atau tertanamnya embrio (sel telur yang telah dibuahi) di dinding dalam rahim.
  • Kembung – mirip dengan gejala PMS.

Beberapa wanita akan merasakan kram ringan pada awal-awal kehamilan yang dapat disertai atau tanpa disertai munculnya bercak darah. Hal ini biasanya terjadi pada waktu tanggalnya menstruasi atau beberapa hari sebelumnya sehingga biasanya ada yang menyangka bila mereka sedang haid dan tidak hamil.

Nyeri perut yang tidak berkaitan dengan kram perut seperti perut terasa keras bukanlah tanda hamil ataupun ciri awal kehamilan, terutama bila terjadi pada trimester pertama. Nyeri perut seperti biasanya disebabkan oleh faktor lain seperti stress.

Baca juga:   Penyebab, Gejala, dan Obat Kanker Lidah Yang Perlu Diketahui

Jika Anda merasakan nyeri perut yang cukup parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter karena bisa jadi ada hal yang serius seperti kehamilan ektopik (yaitu embrio ditanam di luar rahim, biasanya ada di tuba falopi).

Apakah Gatal Pada Payudara Juga Merupakan Gejala Kehamilan?

Kadang puting payudara terasa gatal dan beberapa orang menyangka bahwa gatal pada payudara merupakan ciri awal kehamilan. Padahal faktanya bukan!

Banyak perubahan pada payudara yang terjadi saat hamil dan biasanya muncul segera setelah konsepsi. Perubahan tsb biasanya adalah payudara yang membesar dan membengkak. Nah mungkin karena membesar inilah yang memicu rasa gatal.

Jadi Apa Saja Ciri Awal Kehamilan?

Beberapa gejala kehamilan yang perlu diwaspadai sebelum telat haid adalah nyeri payudara, lemas, sensitif terhadap bau, makanan terasa tidak enak, mual, dan lebih sering buang air kecil. Namun ada juga yang tidak memberikan gejala kehamilan sama sekali.

Menurut hasil penelitian, 50% wanita tidak mengalami ciri awal kehamilan pada 5 minggu pertama setelah konsepsi, 30% wanita tidak mengalami tanda-tanda kehamilan pada 6 minggu pertama setelah konsepsi, dan 10% wanita tidak merasakan gejala kehamilan awal pada 2 minggu pertama setelah konsepsi.

Berikut ini adalah ciri-ciri hamil muda sebelum telat haid menurut babycenter.com, yaitu:

Ciri-Ciri Hamil Muda 2 Minggu Sebelum Telat Haid

  • Yang Terjadi: 2 minggu setelah haid terakhir dan Anda mengalami ovulasi (yaitu proses pelepasan sel telur dari folikel yang sudah matang ke tuba falopi).
  • Yang Mungkin Dirasakan: Gejala PMS seperti nyeri payudara, kram perut, kembung, dan perubahan mood.

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Sebelum Telat Datang Bulan

  • Yang Terjadi: Sel telur telah berhasil dibuahi (konsepsi) dan terjadi proses implantasi di dinding dalam rahim
  • Yang Mungkin Dirasakan: Kebanyakan wanita tidak merasakan perbedaan. Beberapa wanita mungkin akan mengalami bercak darah atau gejala hamil lainnya (seperti lelah, payudara mengeras, sensitif terhadap bau-bauan)

Tanda-Tanda Orang Hamil Muda 0 Minggu Sebelum Telat Menstruasi

  • Yang Terjadi: Telat haid
  • Yang Mungkin Dirasakan: Kebanyakan wanita tidak merasakan perbedaan. Beberapa wanita akan mengalami nyeri payudara, lelah, atau sering buang air kecil. Sepertiga wanita mungkin akan mengalami mual-mual.

Itulah beberapa ciri-ciri awal kehamilan yang perlu diketahui. Namun masalahnya, gejala kehamilan tsb unik karena jarang ada wanita hamil yang memiliki tanda-tanda hamil yang sama. Ada wanita hamil yang berhenti muntah-muntah setelah beberapa minggu di trimester pertama, namun ada juga yang tidak mengalami mual sekalipun.

Jadi, untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak yang benar-benar akurat adalah tes kehamilan.

Sumber Referensi:
wehavekids.com/having-baby/Am-I-Pregnant