Sayuran buncis kaya akan nutrisi berharga, antioksidan, dan serat makanan, yang memberikan beragam manfaat kesehatan.

Cara Mengatasi Sakit Gigi – Mungkin Anda pernah mendengar lagu dangdut “Lebih Baik Sakit Gigi Daripada Sakit Hati”. Faktanya sakit gigi pun tidak dapat diremehkan karena dapat membuat semua aktivitas Anda berantakan karena sakit gigi ini biasanya disertai juga dengan sakit kepala dan mood yang cepat marah.

Nah bila Anda sekarang sedang sakit gigi dan ingin segera terbebas dari keluhan nyeri ini, SehatPlus.org akan memberikan tips seputar cara mengatasi sakit gigi, cara menyembuhkan sakit gigi, dan cara mengobati sakit gigi yang Anda alami.

cara mengobati dan mengatasi sakit gigi
Sakit Gigi (md-health.com)

Namun sebelum membahas obat sakit gigi ini, sebaiknya Anda ketahui dulu sekilas penyebab sakit gigi tsb.

Penyebab Sakit Gigi Yang Perlu Diketahui

Banyak orang yang bila bila cara mengatasi sakit gigi yang paling mujarab adalah dengan mengatasi penyebabnya. Nah bila Anda belum mengetahui penyebab sakit gigi tsb, berikut ini adalah penyebab yang paling umum, yaitu:

  • Kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang, merupakan penyebab sakit gigi yang paling banyak dialami baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Penyebab kerusakan gigi ini biasanya terjadi karena terkumpulnya plak dan bakteri karena kurangnya kebersihan gigi dan mulut.
  • Gigi patah dan pengikisan gigi, misalnya karena makan makanan yang terlalu keras, atau karena menyikat gigi terlalu kuat.
  • Gusi bengkak atau terinfeksi.
  • Gerakan gigi yang berulang misalnya karena menguyah permen karet yang terlalu banyak.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Cara mengatasi sakit gigi termudah dan termurah adalah dengan mencegah sakit gigi, yaitu sebaiknya Anda menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda dengan selalu membersihkan gigi, tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan bergula, dan periksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda secara teratur.

Namun bila Anda terlanjur mengalami sakit gigi, tips / cara mengatasi sakit gigi berikut ini dapat Anda coba, yaitu:

Cara Mengatasi Sakit Gigi #1: Minum Obat Sakit Gigi

Untuk mengurangi gejala nyeri pada gigi dan kepala, Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti ibuprofen, asam mefenamat, dll yang dijual bebas.

Untuk menyembuhkan gejala sakit gigi yang lebih parah, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan resep obat penghilang rasa nyeri yang lebih ampuh seperti metampiron.

Cara Mengatasi Sakit Gigi #2: Menggunakan Obat Sakit Gigi Topikal

Baca juga:   Rekomendasi Vaksin Untuk Penderita HIV / AIDS

Bila Anda tidak suka minum obat sakit gigi, Anda dapat mengobati sakit gigi Anda dengan mengoleskan obat sakit gigi yang berbentuk gel ataupun cairan langsung di gigi yang sakit. Obat semacam ini biasanya mengandung antiseptik untuk membersihkan kuman dan benzokain untuk menghilangkan rasa sakit secara sementara.

Cara Mengatasi Sakit Gigi #3: Berkumur dengan Air Garam Hangat

Air garam dapat bersifat antiseptik sehingga dapat meringankan gejala sakit gigi. Untuk membuatnya, larutkan ¼ sdm garam dalam 1 gelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur selama 30-60 detik selama beberapa kali dalam sehari.

Cara Mengatasi Sakit Gigi #4: Kompres

Kompres air dingin atau menggunakan koyo juga dapat membantu meredakan rasa nyeri yang muncul.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi #5: Gunakan Getah Daun Jarak

Obat tradisional sakit gigi ini sudah dipercayai oleh keluarga saya secara turun temurun. Cukup teteskan getah dari patahan batang daun jarak ataupun buah jarak ke kapas, lalu tempelkan kapas tsb pada lubang gigi dan nyeri nyut nyut pada gigi pun segera hilang.

cara mengobati sakit gigi secara alami menggunakan buah jarak
cara mengobati sakit gigi secara alami menggunakan buah jarak (image: bukalapak.com)

Cara Mengobati Sakit Gigi Agar Tidak Berulang

Setelah Anda menggunakan cara mengatasi sakit gigi di atas, kemungkinan besar gejala yang timbul akan mereda sementara dan gejala nyeri akan muncul kembali bila penyebabnya tidak segera diatasi.

Agar sakit gigi tsb tidak terus kambuh, gunakan cara menyembuhkan / mengobati sakit gigi berikut ini:

  • Periksakan diri ke dokter bila Anda mengalami gejala infeksi seperti timbulnya pembengkakan pada gusi atau bila cara mengatasi sakit gigi di atas tidak mempan sehingga sakit gigi terus Anda alami, atau bila Anda mengalami demam dan kesulitan bernapas / menelan.
  • Perbaikan gigi seperti penambalan gigi merupakan cara menyembuhkan sakit gigi yang paling ampuh bila Anda mengalami sakit gigi karena gigi berlubang. Mintalah bantuan dokter untuk memeriksa seluruh kondisi gigi Anda. Sebaiknya karang gigi pun dibersihkan karena bila dibiarkan akan memicu munculnya lubang gigi juga. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu.
  • Perawatan saluran akar diperlukan juga sebagai cara mengobati sakit gigi bila ternyata penyebab sakit gigi tsb adalah infeksi pada saluran akar. Pada cara menyembuhkan sakit gigi ini, dokter akan membersihkan jaringan terinfeksi dan menambalnya.
  • Pencabutan gigi merupakan cara mengatasi sakit gigi bila memang kerusakan gigi sudah tidak dapat diperbaiki lagi.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab sakit gigi, cara mengatasi sakit gigi, dan cara mengobati / menyembuhkan sakit gigi agar tak muncul kembali. Semoga bermanfaat …