Apa Yang Terjadi pada Ibu dan Janin di Usia Kehamilan 4 Bulan?

Usia Kehamilan 4 bulan merupakan sebuah masa istimewa. Bila Anda termasuk orang muslim, pada masa ini biasanya ibu hamil mulai mengadakan acara selamatan 4 bulanan.  Pada masa ini kondisi janin sudah mulai terbentuk indra seperti retina, kornea, dan lensa mata. Selain itu ibu hamil pun mulai merasakan gerakan-gerakan bayi dalam perutnya.

Hamil 4 bulan menurut Islam memiliki makna tersendiri. Mengapa? Karena pada bulan ke-4 inilah, ruh / jiwa manusia mulai ditiupkan. Dan menurut hadist nabi, pada masa kehamilan 4 bulan tsb mulai dituliskan ketentuan rejeki, ketentuan ajal, ketentuan amal, dan ketentuan celaka atau bahagianya. Oleh karena itu pada masa ini, sebaiknya diperbanyak doa dengan harapan nantinya anak yang dilahirkan menjadi anak sholeh, anak baik, sehat, berguna untuk agama, bangsa, dan berbakti pada orang tua.

Karena mulai ditiupkan ruh / nyawa, maka akan lebih baik dibacakan doa kehamilan 4 bulan, janin diperdengarkan murotal bacaan ayat suci, dan diajak berkomunikasi. Namun saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai doa kehamilan 4 bulan karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih ke aspek kesehatannya saja.

Nah pada kesempatan kali ini, Dunia Kesehatan akan membahas mengenai apa saja yang terjadi pada usia kehamilan 4 bulan seperti bagaimana pertumbuhan janin, bagaimana perubahan pada tubuh ibu, apa hal-hal yang harus diwaspadai, dan nutrisi bagi ibu hamil 4 bulan.

kondisi janin dan ibu pada kehamilan 4 bulan
kondisi janin dan ibu pada kehamilan 4 bulan (image: motherhow.com)

Bagaimana Pertumbuhan Janin di Usia Kehamilan 4 Bulan?

Pada umur kehamilan 4 bulan, biasanya janin akan memiliki berat sekitar 140g dengan ukuran panjang kurang lebih 13cm. Tempurung kepala yang tersusun dari tulang rawan pun mulai mengeras. Saraf belakangnya mulai ditutupi oleh mielin (lapisan pelindung). Kelenjar keringat pun mulai berkembang di seluruh tubuh, tali pusat semakin menguat.

Berikut ini adalah beberapa perubahan tubuh janin pada usia kehamilan 4 bulan tiap minggunya, yaitu:

Perubahan Janin Pada Usia Kehamilan 17 Minggu

  • Tubuh janin akan membesar mengikuti kepala.
  • Bentuk janin menjadi lebih proporsional.
  • Wajahnya makin tampak menyerupai manusia dengan pertumbuhan alis dan bulu mata.
  • Bola matanya sudah dapat bergerak walaupun kelopak mata masih tertutup.
  • Mulut mulai dapat membuka dan menutup.
  • Jari-jari dan sidik jari mulai terbentuk.
  • Tangannya mulai bisa mengepal.
  • Janin mulai bisa memberi respons terhadap bunyi dari luar, seperti suara musik.
  • Mulai terasa pergerakan janin meski mungkin tidak selalu dapat dirasakan.
  • Tubuhnya belum banyak menyimpan lemak sehingga terlihat keriput.

Perubahan Janin Pada Usia Kehamilan 18 Minggu

  • Telinga mulai terlihat berbentuk walaupun belum sempurna.
  • Jenis kelamin janin telah dapat dikenali.
  • Pembuluh darah telah nampak pada permukaan kulit.
  • Mulai dari minggu ini hingga minggu ke-20, ibu hamil mulai merasakan gerakan janin lebih jelas.

Perubahan Janin Pada Usia Kehamilan 19 Minggu

  • Rambut di kepala mulai tumbuh.
  • Saraf untuk mencium, merasa, melihat, mendengar, dan menyentuh mulai terbentuk pada otak.
  • Janin telah dapat menelan cairan ketuban dan ginjalnya dapat memproduksi urine / air kencing.

Perubahan Janin Pada Usia Kehamilan 20 Minggu

  • Tubuh janin mulai dilindungi lapisan lemak bernama vernix caseosa, yang akan melindungi kulit janin yang berada lama dalam cairan ketuban.
  • Janin Anda akan lebih banyak menelan dan kemudian cairan ini mengalir ke usus besar.
  • Ukuran janin panjangnya +/- 26cm dan berbobot 300g.

Apa Saja Perubahan yang Terjadi pada Tubuh Ibu Hamil 4 Bulan?

Pada masa kehamilan 4 bulan, ibu hamil sudah mulai dapat merasakan pergerakan janin. Perut yang terus membesar akan membuat ibu hamil untuk mulai menggunakan pakaian lebih longgar atau mempertimbangkan menggunakan baju hamil.

Berikut ini perubahan tubuh ibu hamil pada usia kehamilan 4 bulan atau 17-20 minggu, yaitu:

  • Sebagian area kulit perut akan mengalami peregangan dan hiperpigmentasi sehingga dapat muncul garis hitam ataupun strectmark di bagian bawah perut Anda.
  • Kerontokan rambut yang terjadi pada awal kehamilan mulai menurun, rambutpun tampak lebih tebal seperti kondisi sebelumnya.
  • Ibu hamil mungkin mengalami gangguan susah tidur, kelelahan, dan mungkin sering merasa sakit kepala. Bila sakit kepala terasa berat dan parah sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.
Baca juga:   Bingung Memilih Susu Ibu Hamil? Ini Rekomendasinya!

Apa Yang Harus Diwaspadai dan Diperhatikan Pada Masa Kehamilan 4 Bulan?

Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan dan perlu dihindari oleh ibu hamil 4 bulan atau usia kandungan 17-20 minggu:

  • Sebaiknya hindari sepatu atau sandal berhak tinggi dan gunakan yang berhak datar. Hal ini untuk menghindari Anda terjatuh atau keseleo karena rahim yang membesar akan membuat Anda sulit menjaga keseimbangan.
  • Sulit tidur merupakan keluhan yang sering dialami ibu hamil. Agar membuat Anda nyaman, cobalah gunakan bantal tambahan di sisi tubuh untuk menopang perut. Posisi tidur untuk ibu hamil 4 bulan yang terbaik adalah tidur menyamping agar pembuluh darah tidak tertekan oleh berat rahim. Posisi tidur telentang dapat menyebabkan pusing karena terbatasnya aliran darah ke jantung.
  • Perhatikan nutrisi untuk menu makan Anda, pastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat yang mencukupi kebutuhan zat besi tubuh agar janin dapat membentuk sel darah merah. Zat besi umumnya terdapat pada daging unggas, ikan, daging merah tanpa lemak, dan bayam. Pada masa ini, kemungkinan Anda akan merasakan nyeri pada bagian paha atau kaki yang disebut dengan istilah nyeri saraf skiatika.
  • Tetap lakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil, misalnya jalan kaki untuk ibu hamil.
  • Waspadai gejala kehamilan bahaya seperti perdarahan, gatal-gatal berlebihan, dll. Segera periksakan diri ke dokter bila mengalami hal tsb.
posisi tidur miring lebih baik pada kehamilan 4 bulan
posisi tidur miring lebih baik pada kehamilan 4 bulan (image: babycenter.com)

Apa Saja yang Perlu Diperiksakan Saat Kehamilan 4 Bulan?

Pemeriksaan kehamilan sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, mengurangi risiko kehamilan bahaya, dan menjaga kehamilan tetap sehat.

Selain kondisi umum seperti tekanan darah, suhu tubuh, dan berat badan ibu ataupun janin, ada juga pemantauan penyakit. Jika Anda memiliki riwayat penyakit keturunan sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk melakukan pemeriksaan khusus untuk mendeteksi kelainan pada janin.

Apa Saja Makanan Untuk Ibu Hamil 4 Bulan?

Usia kehamilan 4 bulan masih termasuk usia kehamilan kritis sehingga tetap perlu dijaga dengan hati-hati, termasuk dengan apa saja yang masuk ke dalam perut Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips menyiapkan menu makanan untuk kehamilan 4 bulan yang sehat, yaitu:

  1. Kaya Serat

Salah satu keluhan ibu hamil 4 bulan addalah sembelit / susah buang air besar. Untuk itu sebaiknya pilih makanan yang banyak mengandung serat untuk mengurangi risiko sembelit pada kehamilan 4 bulan. Contoh makanan yang kaya serat adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.

  1. Mengandung Kalsium

Asupan kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang janin. Jadi perhatikan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam menu makanan Anda. Contoh makanan ibu hamil 4 bulan yang mengandung kalsium adalah susu, keju, dan sayuran berdaun hijau. Bila kebutuhan nutrisi janin tidak dipenuhi maka janin akan mengambil cadangan kalsium dari tubuh ibu, akibatnya bisa terkena kerapuhan tulang.

  1. Protein Tinggi

Protein juga termasuk salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin. Pastikan Anda untuk memenuhi kebutuhan protein hewani maupun nabati. Contoh makanan yang mengandung protein tinggi untuk ibu hamil 4 bulan adalah telur, susu, tempe / tahu, dll.

  1. Rendah Lemak

Berat badan akan mulai meningkat pada usia kehamilan 4 bulan. Walaupun lemak juga salah satu nutrisi penting untuk janin dan ibu, namun tetap asupan lemak harus dikontrol. Sebaiknya konsumsi makanan yang rendah lemak untuk menjaga berat badan ideal dan menghindari tingginya kolesterol darah.

  1. Perhatikan Zat Besi

Nutrisi penting lainnya pada kehamilan 4 bulan adalah zat besi. Salah satu keluhan ibu hamil adalah mudahnya terserang anemia karena janin pun memerlukan asupan zat besi untuk pembentukan sel darah. Contoh makanan yang kaya akan kandungan zat besi diantaranya adalah kurma, pisang, atau labu.

Nah itulah informasi seputar apa saja yang terjadi pada kehamilan 4 bulan dan apa saja yang perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk tetap menjaga kandungannya. Semoga bermanfaat …