Ingin Hamil? Hindari 12 Makanan Berikut Ini!

Siapa sih yang tak ingin hamil? Dianugerahi dengan kesuburan hingga berhasil melahirkan seorang anak merupakan salah satu rezeki tak ternilai yang diberikan oleh Tuhan.

Tetapi tidak jarang pula jika terdapat seorang wanita yang merasa kesulitan untuk memiliki anak, sekalipun untuk memasuki masa kehamilan. Meskipun banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi, sebuah penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menyimpulkan bahwa seharusnya kaum wanita segera mengganti pola makan mereka jika berniat memiliki seorang bayi.

Tetapi sayangnya, mengatur pola makan yang sehat itu sangatlah sulit meskipun hal tersebut wajib untuk dilakukan. Bahkan ketika seorang wanita telah dikaruniai dengan masa kehamilan pun sering kali melanggar aturan tak tertulis tersebut dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa membahayakan ibu dan bayi yang tengah dikandungnya.

Lantas apa sajakah beberapa makanan yang seharusnya dikonsumsi?

Menurut berbagai macam para ahli dan penelitian, pola makan untuk wanita hamil agar mendapatkan keselamatan saat melahirkan haruslah mencakup vitamin dan mineral penting seperti buah-buahan, sayuran, gandum utuh, serta berbagai macam makanan lainnya yang dapat mendukung kesehatan tubuh mereka secara keseluruhan.

Selain nutrisi yang diperlukan ibu hamil, terdapat pula beberapa makanan yang ‘haram’ untuk dikonsumsi oleh anda yang tengah memasuki masa kehamilan, atau ingin dianugerahi oleh masa keemasan tersebut. Tetapi jika anda tidak bisa menahannya, pastikan untuk mengkonsumsinya seminimal mungkin selama tubuh anda masih bisa tahan terhadapnya.

Nah, apa sajakah sih makanan yang harus dihindari ketika anda ingin memasuki masa kehamilan? Dan berikut adalah daftarnya untuk anda yang akan diulas oleh SehatPlus.org ..

makanan yang harus dihindari jika ingin hamil
makanan yang harus dihindari jika ingin hamil

Inilah 12 Makanan yang Harus Dihindari Jika Anda Ingin Hamil

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dipantang oleh wanita yang ingin segera diberi momongan, yaitu:

Ikan Dengan Kandungan Merkuri Tinggi

Semua orang setuju bila konsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan. Namun ternyata beberapa jenis ikan tertentu sebaiknya dihindari bila Anda ingin hamil.

Menurut seorang ahli kesehatan terdaftar bernama Kendra Tolbert mengatakan bahwa merkuri bisa merusak sistem saraf anda, sehingga makanan laut seperti ikan todak dan jenis ikan besar lainnya bisa membahayakan janin anda secara langsung.

Sementara mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung kadar merkuri tinggi sebelum masa kehamilan bisa menyimpan kadar merkuri itu sendiri di dalam tubuh anda, yang nantinya dapat mempengaruhi perkembangan sistem saraf bayi yang akan anda kandung.

Seorang ahli diet terdaftar bernama Suzanne Fisher juga menambahkan bahwa sistem saraf janin cenderung dibentuk bahkan sebelum seorang wanita itu sendiri menyadari bahwa mereka telah memasuki masa kehamilan. Ditambah lagi, merkuri juga dapat mengurangi tingkat kesuburan anda.

Soda

Sejumlah penelitian telah meneliti dan mengkaitkan antara soda (baik itu soda biasa dan soda diet) dengan berkurangnya kesuburan seseorang. Hal ini kemungkinan besar terjadi akibat kombinasi antara peradangan dengan perubahan metabolik yang menyebabkan melonjaknya gula darah sekaligus mempengaruhi bakteri usus secara langsung akibat pemanis buatan yang terkandung dalam minuman tersebut.

Ditambah lagi, kebanyakan minuman bersoda dikemas dalam wadah yang mengandung BPA dan bahan kimia lainnya yang seharusnya anda hindari sebelum memasuki masa kehamilan. BPA sendiri merupakan singkatan dari Bisphenol-A, yaitu sejenis bahan kimia yang telah banyak ditambahkan ke dalam produk komersial, termasuk wadah makanan dan produk kebersihan. Jadi bila Anda ingin hamil, cobalah kurangin minuman bersoda dan menggantinya dengan jus buah segar atau air putih.

Lemak Trans

Lemak trans yang biasa ditemukan dalam makanan tertentu seperti keripik kentang kemasan atau popcorn microwave, makanan yang mengandung shortening, serta gorengan dapat menyebabkan peradangan serta resistensi insulin di saat yang bersamaan, dimana efek semua itu dapat mengurangi kesuburan seseorang.

Dalam kasus yang lebih parah, lemak trans ini bisa sampai merusak pembuluh darah anda sehingga dapat mengganggu jalannya nutrisi ke sistem reproduksi anda. Tidak hanya kaum wanita saja, kaum pria pun haruslah berhati-hati dalam mengkonsumsi lemak trans karena bisa mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma yang dikeluarkan.

Baca juga:   Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri pada Payudara, Ini Infonya!

Makanan Dengan Indeks Glikemik yang Tinggi

Jika anda berniat untuk meningkatkan kesuburan, maka pastikan untuk selalu menghindari makanan-makanan yang dapat melonjakkan kadar gula darah anda secara cepat, terutama jika anda jarang mengkonsumsi makanan yang mampu mengurangi atau mencegah kondisi tersebut terjadi. Melonjaknya gula darah ini tentu dapat menyebabkan anda terkena peradangan, mengubah hormon, sekaligus menghambat ovulasi.

Jadi, bila Anda ingin hamil, cobalah untuk lebih memilih makanan dengan indeks glikemik rendah seperti roti gandum utuh atau beras merah, sambil dikombinasikan dengan protein, serat, dan lemak sehat.

Susu Rendah Lemak

Bila Anda ingin hamil sebaiknya hindari juga susu low fat. Susu rendah lemak seperti yogurt dan berbagai macam produk susu lainnya cenderung mengandung androgen. Ditambah lagi, makanan dan minuman jenis ini juga bisa membuat tubuh anda memproduksi androgen lebih banyak lagi, yang mana akan mengganggu siklus menstruasi anda.

Kelebihan Alkohol

Alkohol memang dilarang untuk dikonsumsi secara bebas di Indonesia. Tapi ternyata larangan tersebut memang justru menguntungkan bagi wanita yang ingin memasuki masa kehamilan. Faktanya, Centers for Disease Control and Prevention juga menyarankan semua wanita yang ingin hamil untuk segera menghindari minuman dan makanan beralkohol secara total.

Layaknya merkuri, alkohol dapat memberikan efek negatif terhadap kesuburan anda sekaligus menghabiskan kadar vitamin B dalam tubuh, dimana vitamin tersebut sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan peluang kehamilan dan mendukung pertumbuhan janin yang sehat.

Keju Lunak yang tidak Dipasteurisasi

Keju jenis ini bisa lebih berbahaya dari produk susu manapun karena beresiko mengandung listeria yang bisa meningkatkan resiko anda mengalami keguguran.

Daging Terproses

Daging yang diproses seperti hot dogs dan sosis juga biasanya rentan terhadap kontaminasi listeria. Tetapi jika anda tetap memaksa ingin mengkonsumsi makanan tersebut, pastikan untuk memanaskannya kembali sebelum dimakan demi membunuh dan mencegah bakteri berbahaya tersebut menyerang tubuh anda. Aturan ini tak hanya untuk wanita yang ingin hamil cepat, tapi bagi Anda yang peduli dengan kesehatan juga.

Produk Hewani Mentah

Sama halnya dengan daging terproses, daging mentah, makanan laut mentah, serta telur mentah juga bisa mengandung bakteri tertentu meskipun jenisnya berbeda. Bakteri yang hinggap biasanya salmonella, coliform, atau toksoplasmosis yang dapat menginfeksi janin anda jika berhasil melewati plasenta. Jadi, pastikan anda untuk selalu memasak hingga matang produk hewani yang ingin anda makan, serta hindari makanan dengan bahan daging mentah seperti sushi atau sashimi.

Beberapa Minuman Dengan Kemasan Kalengan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa botol plastik dan kaleng kemungkinan mengandung BPA, atau Bisphenol-A yang dapat mengurangi kesuburan baik terhadap pria maupun wanita. Jadi bila ingin hamil dengan mudah, hindarilah minuman kemasan, dan beralihlah ke minuman buatan sendiri yang segar.

Kafein

Nampaknya ini bisa menjadi berita buruk bagi penikmat dan pecinta kopi. Tetapi fakta memang berkata demikian, dimana sebuah penelitian berhasil menemukan bahwa jika anda seorang wanita yang doyan mengkonsumsi setidaknya 3 cangkir kopi setiap harinya, maka beresiko memiliki peluang hamil lebih kecil hingga 50%. Hal ini karena asupan kafein yang terlalu banyak dapat menurunkan penyerapan kalsium sehingga bisa menyulitkan anda yang tengah berusaha untuk masuk ke masa kehamilan. Jadi coba batasi penggunaan kafein bila Anda benar-benar ingin hamil.

Rokok

Meskipun tidak termasuk ke dalam makanan, tetapi rokok sudah dianggap sebagai salah satu bahan pokok primer dimana kebanyakan orang Indonesia selalu mengkonsumsinya setiap waktu. Padahal semua orang sudah tahu (termasuk para perokok itu sendiri) bahwa asap rokok sangatlah merugikan kesehatan bagi para penikmatnya.

Selain dapat mendatangkan berbagai macam kondisi kesehatan dimulai dari penyakit jantung, paru-paru, kanker, hingga kematian, merokok juga tentunya dapat memberikan efek negatif terhadap kesuburan anda sehingga akan semakin sulit saja untuk mendapatkan peluang kehamilan.

Nah itulah 12 jenis makanan yang sebaiknya dihindari bila Anda berencana ingin hamil. Bila Anda merasa sulit hamil, mungkin salah satu penyebabnya adalah seringnya mengkonsumsi jenis makanan di atas. Semoga bermanfaat ..