Dengan kandungan nutrisinya yang kaya dan ragam manfaat kesehatannya, buah sawo kecik menjanjikan potensi yang signifikan untuk meningkatkan kesehatan.

Obat Alami Asma – Asma adalah sebuah penyakit paru-paru yang dapat menyebabkan seseorang kesulitan bernapas. Serangan asma terjadi bila ada kerusakan pada jalur udara di paru-paru.

Sekilas Tentang Penyakit Asma

Sebelum kita membahas mengenai obat alami asma maupun cara mengatasi penyakit asma secara alami, alangkah lebih baik bila Anda mengetahui dulu penyebab dan gejala penyakit asma itu sendiri.

Penyebab penyakit asma memang belum diketahui secara pasti, namun setidaknya ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit ini.

Pemicu asma tsb diantaranya adalah alergi, polusi udara, infeksi saluran napas, emosi, kondisi cuaca, makanan yang mengandung sulfit, dan beberapa jenis obat tertentu.

Gejala asma yang umum terjadi diantaranya adalah batuk, mengi, napas pendek, dan rasa sesak di dada.

patologi asma
Penyempitan Saluran Napas Penyebab Asma (image: fitness.com.hr)

Langkah pengobatan penyakit asma biasanya dilakukan sebagai cara mengatasi penyakit asma. Jenis obat pun bermacam-macam, ada obat kimia baik yang diminum maupun disemprotkan.

Pengobatan asma ini sebaiknya dilakukan hati-hati di bawah pengawasan dokter, terutama bila asma terjadi saat hamil.

Namun bagi Anda yang lebih menyukai obat alami asma, Anda pun dapat menghilangkan / meredakan gejala asma yang dialami dengan mengkonsumsi obat herbal untuk asma.

Obat Herbal Untuk Asma dan Obat Alami Asma

Bila Anda lebih menyukai sesuatu yang serba alami, berikut ini adalah beberapa tanaman herbal yang dapat Anda gunakan sebagai obat alami asma yang akan diulas Sehat Plus berikut ini. Namun bila gejala asma terasa parah sebaiknya Anda konsultasikan dulu ke dokter.

Obat Alami Asma #1: Jahe

Siapa yang tak tahu jahe?

Sudah dari jaman dahulu kala bila jahe dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi masuk angin dan melegakan pernapasan termasuk obat herbal untuk asma.

Para peneliti pun telah menemukan kandungan jahe dapat membantu meredakan radang saluran pernapasan dan mencegah terjadinya penyempitan saluran napas.

obat alami asma
image: blog.doctoroz.com

Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan jahe dapat meningkatkan efek relaksasi otot pada obat asma tertentu.

Cara Membuat Obat Alami Asma dari Jahe: Cara 1

  • Campurkan sejumlah 1sdt air perasan jahe, 1sdt jus buah delima, dan 1sdt madu dalam porsi yang sama. Minum 1sdm campuran ini selama 2-3 kali sehari.

Cara Membuat Obat Herbal Untuk Asma dari Jahe: Cara 2

  • Campurkan 1sdt serbuk jahe ke dalam ½ gelas air lalu minumlah 1 sdm campuran ini sebelum tidur.

Cara Membuat Obat Alami dari Jahe: Cara 3

  • Ambil jahe seukuran ibu jari lalu iris tipis.
  • Tambahkan ke dalam air mendidih dan aduk hingga 5 menit.
  • Biarkan dingin lalu minumlah.

Selain cara di atas, Anda pun dapat mengkonsumsi jahe mentah dengan garam.

Obat Alami Asma #2: Bawang Putih

Bawang putih memiliki efek anti inflamasi dan dapat membantu melegakan saluran pernapasan di paru-paru pada awal-awal terjadinya asma.

Cara Membuat Obat Herbal Untuk Asma Menggunakan Bawang Putih:

  • Rebus sampai mendidih 2-3 siung bawang putih dalam ¼ cangkir susu.
  • Biarkan cairan tsb dingin di suhu ruangan lalu minumlah.
Baca juga:   Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mudah Mengatasi Pembengkakan Kaki

Obat Alami Asma #3: Kopi

Selain enak diminum untuk memulai aktivitas, kopi pun ternyata dapat membantu meredakan serangan asma loh.

Kandungan kafein di dalam kopi dapat melegakan saluran pernapasan di paru-paru. Secangkir kopi panas dapat menenangkan dan membantu saluran pernapasan agar dapat bernapas lebih mudah.

Walaupun kopi dapat dijadikan obat herbal untuk asma, namun janganlah terlalu banyak mengkonsumsi kopi ini tiap harinya. Usahakan untuk tidak minum kopi hitam lebih dari 3 cangkir per hari.

Bila tidak suka kopi, alternatif lainnya Anda dapat mengganti kopi dengan secangkir teh hitam panas.

Ingat jangan gunakan kafein sebagai obat alami asma secara terus menerus, cukup saat ada serangan saja.

Obat Alami Asma #4: Minyak Kayu Putih

Minyak kayuputih murni merupakah salah satu obat herbal untuk asma yang efektif karena mengandung zat dekongestan (melegakan pernapasan). Kandungan eucalyptol di dalamnya dapat memecahkan mukus kental yang menyumbat saluran pernapasan.

Cara menggunakan minyak kayu putih untuk meredakan gejala asma adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih pada tisu lalu letakkan di kepala saat tidur sehingga aroma segarnya dapat tercium dan melegakan napas Anda.

Anda pun dapat menambahkan 2-3 tetes minyak kayu putih dalam sepanci air mendidih lalu hirup uapnya dalam-dalam untuk meredakan gejala asma.

Obat Alami Asma #5: Madu

Madu memang termasuk obat herbal untuk segala jenis penyakit termasuk asma. Untuk menggunakannya silahkan pilih salah satu cara berikut ini:

  • Cara 1: hiruplah bau madu karena ada beberapa orang yang memberikan reaksi hanya dengan mencium baunya saja.
  • Cara 2: campurkan 1 sdt madu ke dalam 1 gelas air panas lalu minumlah perlahan. Lakukan 3x sehari.
  • Cara 3: telanlah 1sdt madu dan ½ sdt serbuk kayu manis sebelum tidur.

Walaupun madu merupakan superfood yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, namun sebaiknya jangan berikan pada bayi di bawah 1 tahun.

Obat Alami Asma #6: Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu bumbu wajib di masakan Indonesia, ternyata dapat pula digunakan sebagai obat herbal untuk asma.

Kandungan anti radang dalam bawang ini dapat menurunkan penyempitan saluran napas. Selain itu kandungan sulfurnya dapat menurunkan radang paru.

Cara menggunakan bawang sebagai obat alami asma cukup mudah, yaitu kunyah saja beberapa siung bawang merah ini. Bila Anda kurang suka dengan rasa dan baunya, cobalah ganti dengan bawang merah yang dimasak terlebih dahulu.

Obat Alami Asma #7: Lemon

Seringkali penderita asma tidak mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Salah satu sumber vitamin C dan antioksidan adalah lemon / jeruk nipis yang dapat menurunkan gejala asma.

Peras air lemon lalu tambahkan ke dalam segelas air. Anda pun dapat menambahkan gula atau madu untuk mengurangi rasa asamnya. Lalu minumlah secara teratur untuk meredakan serangan asma. Minum air lemon plus madu hangat ini memang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Selain lemon, buah pepaya, jeruk, bluberi, dan stroberi juga kaya nutrisi yang dapat menurunkan gejala asma.

Cara Mengatasi Penyakit Asma Lainnya

Selain menggunakan beberapa obat herbal untuk asma atau obat alami asma seperti yang disebutkan di atas, tips berikut ini juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi penyakit asma yang Anda alami, yaitu:

  • Cobalah cari apa faktor pemicu penyakit asma Anda. Bila sudah mengetahuinya, hindari faktor pemicu tsb untuk mencegah asma.
  • Tambahkan tanaman herbal pada masakan Anda, seperti jahe, kunyit, dll.
  • Perbanyak makan buah dan sayuran segar.
  • Hindari makanan olahan dan kemasan untuk menghindari zat tambahan makanan dan pengawet yang mungkin dapat memicu terjadinya asma.

Itulah informasi seputar obat alami asma dan obat herbal untuk asma. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-for-asthma.html