Ramuan Obat Diabetes Alami Apakah Terbukti Mampu Menurunkan Gula Darah?

Obat Diabetes Alami – Mengontrol gula darah merupakan langkah tepat dalam pengendalian penyakit diabetes / penyakit kencing manis. Ada yang menggunakan makanan untuk mengontrol gula darah namun ada juga yang menggunakan ramuan obat tradisional  (obat herbal diabetes) atau gabungan keduanya.

Berhubung ulasan makanan untuk mengotrol gula darah tinggi sudah pernah dibahas, maka sekarang saatnya membahas aneka pengobatan diabetes secara alami, informasi tanaman obat diabetes, dan apa saja ramuan obat diabetes alami.

Tanaman Herbal untuk Diabetes

Banyak tanaman herbal yang di “klaim” memiliki efek anti diabetes atau dapat menurunkan gula darah sehingga bermanfaat untuk para penderita diabetes tipe 2 atau yang memiliki risiko tinggi terkena diabetes.

Sejumlah uji klinis telah dilakukan pada beberapa tahun belakangan ini dan terlihat adanya korelasi antara terapi obat herbal diabetes dengan perbaikan pengendalian glukosa darah.

Hasil inilah yang membuat banyak orang yang lebih memilih obat diabetes alami untuk mengendalikan penyakitnya dan menurunkan hiperglikemia (tingginya gula darah) karena mereka percaya obat herbal memiliki sedikit atau tidak memiliki sama sekali efek samping.

Obat Diabetes Alami dan Cara Pengobatan Diabetes Secara Alami

Walaupun banyak obat herbal diabetes ataupun ramuan obat tradional yang digunakan untuk mengobati diabetes secara alami, namun banyak dokter yang masih meragukan hasil penelitian akan manfaat tanaman obat diabetes tsb.

Faktanya, beberapa jenis tanaman herbal, vitamin, maupun suplemen dapat saja berinteraksi dengan obat diabetes generik ataupun paten (termasuk insulin) dan meningkatkan efek hipoglikemia (turunnya gula darah di bawah normal).

Kenyataan inilah yang kemudian seringkali diperdebatkan bahwa penggunaan obat diabetes alami dapat menurunkan gula darah ke tingkat yang berbahaya dan dapat meningkatkan komplikasi diabetes.

Tergantung Anda lebih percaya mana, tapi saran kami, bila Anda berencana menggunakan obat diabetes alami sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter Anda untuk memastikan keamanan dan untuk menentukan dosis yang tepat.

Berbeda dengan obat diabetes generik ataupun obat diabetes paten yang berdasarkan uji klinis dan menadapatkan persetujuan organisasi kesehatan dunia, maka obat herbal diabetes biasanya berdasarkan resep ramuan obat yang diwariskan secara turun temurun.

Memang betul sih banyak juga obat herbal diabetes kering ataupun basah yang dijual di pasaran namun bila Anda berminat, Anda toh dapat membuat ramuan obat diabetes alami sendiri loh.

Banyak tanaman herbal dan tanaman obat diabetes yang dapat kita tanam di pekarangan rumah yang kemudian diolah menjadi ramuan obat diabetes alami.

Berikut ini beberapa jenis tanamannya yang kami ambil dari beberapa sumber, yaitu:

Cara Alami Mengobati Diabetes Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih (allium) kaya akan antioksidan dan memiliki efek untuk melancarkan peredaran darah.

Walaupun hasil penelitian tentang bawang putih sebagai obat diabetes alami namun ternyata hasil penelitiannya adalah positif bahwa ada kaitan antara konsumsi bawang putih dengan insulin dan kadar gula darah.

Allium dapat menurunkan kadar glukosa darah, meningkatkan pengeluaran dan memperlambat penguraian insulin.

Pengobatan Diabetes Secara Alami Menggunakan Bawang Merah

Selain merupakan bumbu masakan yang wajib ada di dapur, ternyata bawang merah pun memiliki efek obat diabetes alami.

Walaupun belum banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan efek bawang merah sebagai obat herbal diabetes alami, namun dalam salah satu penelitian disebutkan bahwa penderita diabetes yang makan bawang merah mentah sebanyak 100g / hari terjadi penurunan gula darah setelah makan.

Baca juga:   Tanda-Tanda Herpes Genitalis Pada Wanita dan Pria Yang Umum Terjadi

Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Menggunakan Kunyit

Siapa yang tak kenal dengan kunyit?

Salah satu bumbu masakan wajib ini ternyata dapat dibuat ramuan obat diabetes alami loh. Kunyit mampu mengendalikan glukosa darah, memiliki efek anti diabetes, dan mampu mencegah komplikasi penyakit diabetes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah konsumsi 300mg kunyit per hari terjadi penurunan gula darah hingga 18%. Selain itu konsumsi kunyit sebanyak 1,5g per hari selama 9 bulan berturut-turut dapat memperbaiki fungsi sel beta dan mencegah berkembangnya prediabetes menjadi diabetes tipe 2.

Cara Alami Mengatasi Diabetes Menggunakan Jahe

Selain kunyit, jahe pun dapat digunakan untuk membuat ramuan obat diabetes alami.

Minuman jahe yang biasa diguanakan untuk menghangatkan badan ternyata dapat mengurangi kadar gula darah puasa hanya dengan mengkonsumsi 3 gram jahe setiap hari selama 8 minggu saja.

Pengobatan Diabetes Secara Alami Menggunakan Pare

Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang dengan rasa khas agak kepahitan. Beberapa penelitan bahwa manfaat sayur pare, jus pare, ataupun ekstrak pare dapat memperbaiki toleransi glukosa, menurunkan gula darah, dan menurunkan HbA1C (ukuran untuk mengontrol gula darah) pada penderita diabetes tipe 2.

Walaupun demikian efek obat diabetes alami dari pare ini masih memerlukan penelitian lanjutan karena hasil yang diperoleh sekarang ini ada yang positif dan ada pula yang negatif.

Pare merupakan salah satu obat diabetes alami
Pare merupakan salah satu obat diabetes alami (image: dailyhealthpost.com)

Cara Mengatasi Diabetes Secara Alami Menggunakan Kayumanis

Secara turun temurun kayu manis dipercaya mampu meningkatkan sensitivitas pada insulin, menurunkan penyerapan gula, serta mencegah peradangan.

Walaupun demikian khasiat kayu manis sebagai obat diabetes alami perlu dibuktikan lebih lanjut melalui beberapa penelitian lanjutan, pasalnya hasil penelitian yang didapat sekarang masih ada yang menyebutkan tidak memiliki efek anti diabetes namun ada juga yang menyebutkan kayumanis sebagai obat herbal diabetes.

Jintan Hitam Sebagai Alternatif Obat Herbal Diabetes

Jintan hitam atau dikenal dengan habatussauda memang sudah dikenal sebagai obat herbal untuk mengobati aneka penyakit termasuk salah satunya sebagai obat diabetes alami.

Hasil penelitian pada hewan menunjukkan bahwa manfaat jintan hitam diantaranya adalah melawan peradangan, menurunkan kolesterol darah, menjaga kesehatan jantung dan hati.

Sementara pada penelitian lainnya dihasilkan bahwa konsumsi jintan hitam dapat menurunkan kadar glukosa darah puasa.

Menggunakan Lidah Buaya Sebagai Obat Diabetes Alami

Lidah buaya / aloe vera memang seringkali dimanfaatkan untuk merawat kesehatan rambut dan kulit.

Makanan berbahan aloe vera kemudian menjadi populer setelah ditemukan banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya, salah satunya dapat dibuat sebagai ramuan obat diabetes alami.

Cara Pengobatan Diabetes Secara Alami Menggunakan Ginseng

Ginseng merupakan tanaman herbal yang berasal dari negara Korea ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai ramuan obat diabetes alami. Tanaman ini mampu menurunkan kadar glukosa darah puasa, walaupun demikian masih diperlukan penelitian lanjutan.

Penutup

Beberapa hasil peneletian menunjukan bahwa beberapa tanaman herbal menunjukkan efek obat diabetes alami dengan cara meningkatkan sensitivitas pada insulin, sementara hasil penelitian lainnya gagal atau memberikan efek negatif dalam mengontrol gula darah atau menurunkan kadar A1C.

Karena fakta inilah, terapi pengobatan diabetes alternatif ini tidak pernah benar-benar disarankan oleh dokter untuk mengontrol gula darah.

Semua pilihan kembali lagi pada Anda. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan obat diabetes alami, jangan pernah menghentikan obat anti diabetes yang diresepkan dokter dan pastikan Anda telah mendiskusikan keputusan Anda tsb untuk mencegah terjadi reaksi yang tidak diinginkan terhadap terapi pengobatan diabetes yang sekarang sedang dilakukan.

Dan perlu Anda ketahui, penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan baik oleh obat diabetes generik / paten maupun obat diabetes alami. Terapi pengobatan yang dilakukan semata-mata hanya untuk mengendalikan penyakit diabetes sehingga penderita dapat beraktivitas normal seperti biasa.

Itulah ulasan seputar ramuan obat diabetes alami, cara pengobatan diabetes secara alami vs terapi pengobatan diabetes konvensional.

Jadi pertimbangkan baik dan buruknya, bila Anda yakin maka lanjutkan karena keberhasilan pengobatan biasanya tergantung pada keyakinan juga. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.diabetes.co.uk/Diabetes-herbal.html; hellosehat.com/obat-diabetes-alami/; www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/basics/