Penyebab, Pencegahan, dan Tanda-Tanda Kanker Otak

Tanda-Tanda Kanker Otak – Otak memiliki peranan penting bagi seorang manusia. Keberadaan otak inilah yang digunakan untuk berpikir merupakan kelebihan seorang manusia dibandingkan makhluk lainnya.

Oleh karena itu penting sekali menjaga otak kita agar tidak terkena penyakit termasuk penyakit mengerikan kanker otak.

Agar kita dapat terhindar dari kerusakan otak yang lebih parah, alangkah baiknya bila kita dapat mengenali penyebab, pencegahan, dan tanda-tanda kanker otak. Untuk lebih jelasnya yuk ikuti ulasan Sehat Plus berikut ini ..

Penyebab Penyakit Kanker Otak

Penyakit kanker otak dapat menyerang siapa saja dan tidak pandang bulu, dapat menyerang anak-anak hingga orang lanjut usia.

Lalu apa ya yang menjadi penyebab penyakit kanker otak?

Berdasarkan hasil riset dari para peneliti, pada umumnya ada 2 penyebab utama penyakit kanker otak, yaitu:

  1. Otak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.
  2. Penggunaan zat-zat berbahaya seperti alkohol, narkoba, dll.

Pencegahan Penyakit Kanker Otak

Berdasarkan penyebab penyakit otak maka untuk pencegahan penyakit otak adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk otak seperti makanan yang banyak mengandung omega 3 seperti ikan dan telur, makan makanan yang sehat, hindari penggunaan zat-zat berbahaya dan hiduplah secara seimbang.

Tanda-Tanda Kanker Otak

gejala kanker otak, ciri-ciri kanker otak
Kanker Otak – Photo Credit: flickr.com

Berikut ini adalah tanda-tanda kanker otak yang umumnya terjadi pada penderita:

  • Rasa sakit kepala yang berbeda dengan rasa sakit kepala biasa. Rasa sakit seperti tertekan benda tumpul dan terjadi berulang perlu dicurigai sebagai ciri-ciri kanker otak.
  • Mata kehilangan fokus, objek penglihatan terlihat kabur atau tidak jelas dan tidak membaik walaupun sudah menggunakan kaca mata merupakan tanda-tanda kanker otak.
  • Muntah hingga pingsan karena sakit kepala hebat dapat saja terjadi sebagai gejala kanker otak.
  • Beberapa bagian tubuh tidak dapat digerakkan tanpa ada sebab yang jelas perlu diwaspadai sebagai tanda-tanda kanker otak.
  • Perubahan perilaku seperti gangguan ingatan, perubahan sifat penderita merupakan ciri-ciri kanker otak stadium akhir. Perubahan sifat itu seperti bukan menjadi sifat penderita yang sebenarnya, misanya orang pemalu tiba-tiba menjadi lebih percaya diri, orang hati-hati menjadi lebih ceroboh, orang sabar menjadi lebih temperamental.
Baca juga:   Gejala Penyakit dan Ciri-Ciri Sakit Paru Paru Yang Perlu Diwaspadai

Itulah beberapa tanda-tanda kanker otak yang perlu diwaspadai. Bila Anda merasakan gejala kanker otak tsb segeralah periksakan diri ke dokter kepercayaan Anda untuk mendapatkan penanganan secepat mungkin.