Penyebab, Pencegahan, dan Tanda-Tanda Kanker Serviks Yang Perlu Diketahui

Buah maja telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan Ayurveda selama berabad-abad karena khasiat obatnya yang beragam.

Tanda-Tanda Kanker Serviks – Kanker serviks atau lebih dikenal dengan kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang ditakuti kaum hawa.

Wajar saja karena menurut data WHO (Badan Kesehatan Dunia), penyakit kanker serviks ini menempati peringkat teratas penyebab kematian wanita di dunia yang disebabkan oleh kanker.

Di Indonesia sendiri, penderita kanker serviks berhasil menduduki sepertiga dari total penderita kanker di Indonesia. Oleh karena itu bila Anda seorang wanita, penting sekali bila Anda mengenal dan mewaspadai tanda-tanda kanker pada wanita termasuk gejala kanker serviks yang mungkin ada di tubuh Anda.

Terapi kanker yang dilakukan pada stadium awal atau awal-awal kemunculannya akan lebih mudah ditangani dan faktor kesembuhan lebih tinggi dibandingkan terapi yang dilakukan setelah penyakit tsb parah / menyebar ke organ tubuh lainnya.

Untuk mengetahui apa saja tanda-tanda kanker serviks, penyebab, pencegahan, dan cara pengobatannya silahkan simak ulasan SehatPlus berikut ini ..

Penyebab Kanker Serviks

Berikut ini adalah beberapa penyebab kanker serviks yang perlu Anda ketahui:

  1. Serangan Virus “Human papilloma Virus” (HPV)

Kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus menular seksual yang bernama  human papilloma virus (HPV).

Virus HPV mudah sekali berpindah dan menyebar. Virus ini akan mudah menyebar melalui cairan, namun tak hanya itu, virus ini pun dapat disebarkan melalui sentuhan kulit.

Misalnya virus HPV dapat menulari Anda bila Anda menggunakan WC umum yang kurang bersih dsb. Oleh karena itu bila Anda menggunakan WC umum, pastikan Anda membersihkan dudukan toilet sebelum dan setelah menggunakan toilet.

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup yang kurang sehat merupakan penyebab terbesar penyakit kanker serviks. Misalnya kebiasaan merokok, makanan tidak sehat / junk food, dll.

Selain itu, kebiasaan berhubungan intim dengan berganti pasangan atau berhubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan pun dapat menjadi penyebab kanker serviks.

Walaupun kanker serviks tidak terjadi pada pria, namun para pria ini dapat saja memiliki infeksi virus HPV yang dapat menulari pasangannya.

Hubungan intim yang dilakukan sebelum berusia 16 tahun dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker serviks sebanyak 2 kali.

  1. Faktor Keturunan

Bila dalam keluarga Anda ada yang menderita kanker serviks maka Anda harus ekstra hati-hati karena Anda telah memiliki faktor resiko penyebab kanker serviks.

  1. Penyebab Kanker Serviks Lainnya

Penyebab kanker serviks lainnya adalah terlalu sering melahirkan dan penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang lama.

Pencegahan Kanker Serviks

Agar Anda terhindar dari penyakit kanker serviks yang mengerikan ini, berikut ini adalah tips pencegahan kanker serviks yang dapat Anda lakukan:

  1. Ubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat dengan memakan makanan yang sehat dan cukup nutrisi.
  1. Jagalah kebersihan dan tingkatkan hygiene pribadi Anda dan orang sekitar Anda. Misalnya cucilah bagian intim Anda dengan tangan dan air yang bersih.
  1. Hentikan kebiasaan merokok.
  1. Hindari berhubungan intim saat usia dini dan setialah pada pasangan Anda.
  1. Lakukan pemeriksaan pap smear setidaknya 2 tahun sekali bagi Anda yang telah aktif melakukan hubungan intim.
  1. Lakukan vaksinasi HPV.
Baca juga:   Tekanan Darah Normal, Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Tanda-Tanda Kanker Serviks

pencegahan kanker serviks
Pertumbuhan Kanker Serviks Pada Stadium Awal – photo credit: commons.wikipedia.org

Kanker serviks pada awalnya hanya sebuah radang / infeksi di mulut rahim yang kemudian bila dibiarkan akan berubah menjadi penyakit kanker serviks dalam waktu sekitar 10-20 tahun.

Semakin awal Anda dapat mengetahui kemunculan penyakit ini maka akan semakin mudah penanganan dan pengobatannya.

Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui bahwa Anda mengidap penyakit kanker serviks atau tidak, yaitu dengan memperhatikan tanda-tanda kanker serviks atau dengan memeriksakan tubuh Anda ke petugas kesehatan / laboratorium.

Sangat disarankan bagi Anda wanita yang telah menikah atau pernah berhubungan intim untuk melakukan uji pap smear setidaknya setiap 2 tahun sekali dan tes IVA (inspeksi visual menggunakan asam asetat).

Selain melakukan tes di rumah sakit, sebaiknya Anda memperhatikan tubuh Anda dan kenali tanda-tanda kanker serviks berikut ini:

  1. Sakit saat berhubungan intim merupakan tanda-tanda kanker serviks apalagi bila diikuti dengan pendarahan.
  1. Keputihan yang berlebih, berbau, dan mungkin disertai dengan pendarahan merupakan tanda-tanda kanker serviks yang harus diwaspadai.
  1. Sakit saat buang air kecil dapat juga merupakan tanda-tanda kanker serviks.
  1. Sakit di dareah pinggul yang sering muncul perlu diwaspadai sebagai tanda-tanda kanker serviks.
  1. Jumlah darah yang keluar saat menstruasi banyak dan dalam waktu yang lama perlu dicurigai sebagai tanda-tanda kanker serviks.
  1. Tanda-tanda kanker serviks lainnya yang muncul pada stadium lanjut berupa pendarahan, paha bengkak, susah buang air kecil, nafsu makan berkurang, dan berat badan tidak stabil.

Bila Anda mengalami tanda-tanda kanker serviks di atas, segeralah periksakan diri Anda ke dokter dan konsultasikan masalah Anda.

Semakin dini dan semakin terbuka Anda saat pemeriksaan akan memudahkan tim medis memilih terapi pengobatan yang tepat.

Pada stadium awal, biasanya dokter akan melakukan pembedahan untuk membuang jaringan kanker serviks pada tubuh Anda. Sementara pada stadium lanjut, penyakit kanker serviks biasanya diberikan kemoterapi dan radioterapi. Namun bila kondisi penyakit cukup parah maka dokter akan meminta ijin pasien untuk mengangkat rahim (histerektomi) agar penyakit kanker tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Itulah penyebab, pencegahan, dan tanda-tanda kanker serviks yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat …