Tanda Tanda Hamil 1 Hari, 2 Hari Hingga 1 Minggu Pertama Yang perlu Diketahui

Tanda Tanda Hamil 1 Hari Hingga 1 Minggu – Setiap orang tua tentunya mendambakan buah hati yang sehat dan cerdas serta keluarga yang bahagia. Untuk itu diperlukan persiapan yang tepat yang dimulai dari saat kehamilan.

Mengetahui kehamilan sejak dini sangatlah penting, apalagi bagi para pasangan yang sudah sangat mengharapkan momongan, menanti kehamilan tentunya membuat was-was.

Bagaimana ciri ciri akan hamil? Apakah saya hamil atau tidak?

Ada pasangan yang memperoleh kehamilannya tanpa direncanakan atau tanpa disadari, ada juga pasangan yang berusaha sangat keras untuk bisa hamil.

Pasangan yang sangat mendambakan kehamilan tentunya ingin mengetahui apakah usaha / program hamil yang telah dilakukan telah menghasilkan, oleh karena itu banyak yang mencari tanda-tanda kehamilan di hari-hari pertama. Bahkan, banyak yang mencari ciri wanita hamil muda satu hari, atau ciri wanita hamil 2 hari.

Untuk mengetahui seseorang hamil atau tidak dapat diketahui dengan mengamati gejala kehamilan yang muncul, namun untuk memastikannya tetap perlu dilakukan tes kehamilan agar lebih akurat. Nah bagi Anda yang penasaran mungkin bertanya-tanya bagaimana  tanda tanda hamil 1 hari, 2 hari ataupun 1 minggu pertama?

Betulkah ciri ciri orang hamil 1 minggu setelah berhubungan dapat terlihat atau bahkan dapat muncul tanda tanda hamil 1 hari ataupun 2 hari?

Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasan Sehat Plus berikut ini.

Merasakan tanda tanda hamil 1 hari
Merasakan tanda tanda hamil 1 hari (image: isorepublic.com)

Apakah Ada Ciri dan Tanda Tanda Hamil 1 Hari atau 2 Hari Setelah Berhubungan?

Gejala kehamilan awal dapat meliputi perubahan fisik dan psikis. Tanda-tanda kehamilan awal kadang dapat muncul sebelum seorang wanita telat datang bulan yang pertama. Bagaimana ciri ciri hamil muda sebelum telat haid?

Banyak pasangan yang bertanya-tanya apakah saya hamil atau tidak, tepat setelah berhubungan suami istri terutama bila merasakan gejala kehamilan awal seperti mual, pusing, lemas ataupun kram perut.

Walaupun demikian, gejala mirip orang hamil tsb mungkin disebabkan faktor lain karena pasalnya usia kehamilan 1 hari tidaklah dapat dipastikan.

Proses kehamilan terjadi saat sel telur dibuahi oleh sel sperma. Dan sampai sekarang tidak ada yang dapat mengetahui secara pasti kapan pembuahan / proses kehamilan itu terjadi selain yang Sang Maha Pencipta.

Usia kehamilan yang ada sekarang ini hanya dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Walaupun ini terdengar aneh dan mungkin kehamilan terjadi 1-2 minggu setelahnya, namun para dokter di dunia sepakat menggunakan HPHT ini untuk menghitung usia kehamilan.

Faktanya, sangat sulit untuk memastikan apakah tanda tanda hamil 1 hari setelah berhubungan tsb benar-benar gejala kehamilan. Pasalnya tes kehamilan pun akan lebih akurat bila dilakukan dalam waktu 7 hari setelah pembuahan atau dalam waktu 3-4 minggu dari HPHT karena hormon hCG / hormon kehamilan baru dapat dideteksi saat tsb.

Jadi bila Anda merasakan tanda tanda hamil 1 hari setelah berhubungan, sangat disarankan untuk bersabar dan memastikan kehamilannya dalam waktu 3-4 minggu dari HPHT.

Bagaiamana Ciri Ciri Orang Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan?

Nah bila tanda tanda hamil 1 hari ataupun ciri wanita hamil 2 hari belum dapat dipastikan kebenarannya, lalu bagaimana dengan ciri ciri orang hamil 1 minggu?

Baca juga:   Menstruasi Saat Hamil, Mungkinkah?

Apakah sudah dapat dipastikan merupakan ciri ciri fisik wanita hamil?

Usia kehamilan 1 minggu sebetulnya bukanlah benar-benar hamil 1 minggu. Mengapa?

Para dokter kandungan akan menghitung usia kehamilan mulai dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Menurut teori ini, usia kehamilan 1 minggu artinya secara fisik Anda belumlah hamil. Proses kehamilan biasanya terjadi 2-3 minggu setelah HPHT tergantung panjangnya siklus menstruasi.

Jadi, jika Anda merasakan ciri ciri orang hamil 1 minggu maka mungkin Anda sebetulnya sudah merasakan ciri ciri orang hamil 1 bulan menurut dokter kandungan. Silahkan konsultasikan lagi pada dokter kandungan untuk mendapatkan penjelasan lebih akurat mengenai usia kehamilan.

Tanda dan Ciri-Ciri Orang Hamil 1 Minggu

Gejala kehamilan awal pada minggu pertama sangat mirip dengan gejala menstruasi (PMS). Gejala ini biasanya akan berkurang atau menghilang dalam waktu 3-7 hari. Gejala hamil 1 minggu pertama meliputi:

  • Pendarahan yang terjadi karena adanya peluruhan dinding rahim karena sel telur yang tidak dibuahi di siklus bulan terakhir.
  • Nyeri punggung bawah dan kram perut karena peluruhan dinding rahim tsb menyebabkan kontraksi uterus.
  • Perut kembung karena adanya perubahan hormon tepat sebelum dan selama siklus bulanan
  • Perubahan mood karena adanya perubuhan kadar hormon juga.
  • Sakit kepala

Tanda Tanda Hamil Muda Pada Perut Pada Usia Kehamilan 1 Minggu

Pada umur kehamilan 1 minggu, perut Anda tak hanya melepaskan sel telur bulan sebelumnya namun juga penebalan dinding rahim dimulai yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan sel telur saat terjadi pembuahan.

Sel telur dilepaskan dalam waktu 10-19 hari setiap bulannya atau sekitar 14 hari sebelum siklus bulanan berikutnya. Sel telur ini akan siap dibuahi dalam waktu 12-24 jam setelahnya.

Jadi bagi Anda yang ingin hamil, silahkan melakukan hubungan suami istri dalam waktu sebelumnya (sebelum sel telur dilepaskan)  atau saat masa subur. Sel sperma sendiri dapat hidup dalam tubuh hingga 6 hari lamanya.

Tanda-tanda kehamilan awal mungkin juga tidak terjadi pada usia kehamilan 1 minggu. Faktanya, banyak orang yang telat datang bulan pada usia kehamilan 4 minggu namun tidak merasakan gejala kehamilan apapun.

Namun sebagian orang merasakan ciri ciri orang hamil 1 minggu setelah pembuahan meliputi payudara yang mengeras, lemas, dan sering buang air kecil.

Walaupun Anda merasakan ciri ciri orang hamil 1 minggu pertama, sebaiknya Anda pun bersabar karena tes kehamilan yang akurat baru dapat dilakukan setidaknya dalam waktu 3-4 minggu setelah HPHT atau menunggu sampai Anda telat bulan.

Walaupun tanda tanda hamil 1 hari, 2 hari, ataupun 1 minggu belum dapat dipastikan keakuratannya apakah seseorang hamil atau tidak, namun ini merupakan saat yang tepat untuk:

  • Menghentikan semua kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, ataupun minum kopi berlebihan
  • Mulai minum vitamin asam folat 400mcg per hari, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan
  • Tandai hari pertama haid terakhir Anda setiap bulannya untuk mengetahui kapan masa subur.

Penutup

Nah bila Anda merasakan tanda tanda hamil 1 hari, ciri ciri wanita hamil 2 hari, ataupun ciri ciri orang hamil 1 minggu setelah berhubungan, sebaiknya bersabar dulu dan jangan buru-buru yakin bahwa Anda hamil.

Setiap gejala kehamilan awal sebaiknya dipastikan kebenarannya menggunakan tes kehamilan. Walaupun demikian, sebaiknya Anda tetap bersiap-siap dengan melakukan pola hidup sehat dan menghentikan setiap kebiasaan buruk. Semoga bermanfaat …