Ciri Ciri Penyakit dan Gejala Sakit Liver Yang Perlu Diketahui

Selain meningkatkan cita rasa makanan, biji lada juga kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan.

Gejala Sakit LiverPenyakit liver adalah penyakit yang menyerang organ hati. Penyakit ini seringkali dikenal sebagai penyakit kuning karena umumnya penderita penyakit ini memiliki kulit dan mata yang terlihat kuning. Lalu sebetulnya apa saja ciri-ciri penyakit liver ini?

Penyebab penyakit hati ini pada umumnya adalah infeksi karena serangan virus hepatitis. Karena penyakit hepatitis ini termasuk penyakit menular berbahaya maka vaksinasi Hepatitis B merupakan salah satu program imunisasi wajib untuk bayi dan anak-anak.

Gejala Sakit Liver Yang Perlu Diketahui

Bila seseorang mengalami penyakit liver maka akan mengalami gejala tertentu yang sebaiknya Anda waspadai. Gejala liver tsb dibagi menjadi 2 yaitu yang umum terjadi dan yang lebih spesifik.

Tanda Tanda Penyakit Liver Yang Umum Terjadi

Pada umumnya, ciri-ciri penyakit liver meliputi hal berikut ini:

  • Mual
  • Muntah
  • Nyeri perut dan pembengkakan di perut bagian atas
  • Jaundice yaitu perubahan warna kulit dan mata menjadi kuning karena meningkatnya kadar bilirubin di pembuluh darah

ciri-ciri dan gejala penyakit liver

Gejala Penyakit Liver Yang Lebih Spesifik

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri penyakit liver berdasarkan kondisi atau penyakit tertentu, seperti:

Penderita penyakit kandung empedu akan mengalami sakit perut bagian atas dan muntah-muntah setelah makan makanan berlemak. Jika kandung empedu mengalami infeksi maka akan muncul juga demam.

Penyakit Gilbert tidak memiliki gejala sakit liver khusus namun dapat diketahui dari hasil pengujian darah saat kadar bilirubin meningkat.

Baca juga:   Macam Macam Jenis Stroke Yang Perlu Diketahui

Seseorang dengan sirosis atau gagal hati akan menunjukkan gejala sakit liver seperti :

  • Mudah memar karena menurunkan produksi faktor pembekuan darah
  • Garam empedu akan tersimpan di kulit menyebabkan rasa gatal
  • Ginekomastia atau pembesaran dada pada pria mungkin saja terjadi karena ketidak seimbangan hormon reproduksi terutama peningkatan estradiol
  • Impoten (disfungsi ereksi) karena menurunnya fungsi hormone reproduksi
  • Kebingungan dan kelesuan dapat terjadi bila kadar ammonia (yaitu produk buangan dari metabolisme protein) dalam darah meningkat dan terjadi peningkatan cairan dalam rongga perut karena menurunnya produksi protein, dan menurunnya massa otot.
  • Varises di sekitar perut dan esophagus (kerongkongan) dan risiko pendarahan karena tekanan darah pada vena portal menyebabkan aliran darah dari hati menurun dan pembuluh darah membengkak.

Itulah beberapa gejala sakit liver yang perlu  Anda ketahui. Saat Anda mengalami ciri-ciri penyakit liver seperti yang disebutkan di atas, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.mayoclinic.org/diseases-conditions/liver-problems/basics/symptoms/con-20025300; www.medicinenet.com/liver_disease/article.htm; image credit: totalhealthguide.co.uk, diyhealth.com