Obat Kurang Darah – Penyebab kurang darah adalah jumlah sel darah merah di bawah normal atau darah merah tsb tidak memiliki hemoglobin yang cukup. Dampak dari anemia tsb adalah kurangnya sirkulasi oksigen sehingga menimbulkan beberapa gejala kurang darah seperti lemas, letih, lesu.

Penyakit anemia yang dibiarkan begitu saja dan berkembang menjadi parah dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan seperti kerusakan jantung, kerusakan otak, dan organ lainnya. Bahkan walaupun jarang, penyakit ini dapat mengancam jiwa. Oleh karena tetap hati-hati dan waspada ya, dan bila Anda menderita penyakit ini, segera atasi dengan makanan untuk kurang darah, obat alami anemia, ataupun obat kurang darah yang diresepkan dokter.

Perlu Anda ketahui, penyakit anemia dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa, orang lanjut usia, bahkan bayi dan anak-anak pun. Bila Anda sayang dengan diri Anda dan keluarga Anda, yuk ikuti pembahasan mengenai cara mengatasi anemia dan kenali apa saja obat kurang darah yang efektif.

Namun sebelum membahas mengenai cara mengobati anemia dan nama obat kurang darah, sebaiknya Anda ketahui dulu penyebab dan gejala anemia.

Penyebab Kurang Darah

Seperti telah diulas di atas, anemia terjadi bila terjadi kekurangan sel darah merah di dalam tubuh atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah tsb tidak mencukupi. Hemoglobin protein yang kaya zat besi dan memberikan warna merah pada darah. Peranan hemoglobin sendiri adalah membantu membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Penyebab anemia sendiri bermacam-macam, mulai dari faktor keturunan hingga penyakit kronis, namun yang paling umum terjadi adalah karena kekurangan zat besi dan kekurangan vitamin.

Kekurangan zat besi dan vitamin dalam tubuh dapat disebabkan oleh pendarahan, menstruasi, gizi buruk, dan adanya gangguan saluran pencernaan hingga tidak dapat menyerap nutrisi tsb yang berasal dari asupan makanan.

Faktor Risiko Pemicu Anemia

  • Kekurangan zat besi atau vitamin B12, misalnya karena orang tsb menghindari makan daging atau vegetarian.
  • Wanita lebih sering terkena anemia dibandingkan pria.
  • Orang yang tidak mampu menyerap vitamin B12 dari makanan.
  • Faktor usia, dimana orang yang berumur di atas 65 tahun lebih sering mengalami anemia.
  • Kehamilan
  • Candida yang dapat menghambat penyerapan nutrisi termasuk vitamin B. Gejala terkena candida diantaranya adalah lidah berwarna putih dan tenggorokan berwarna putih.
  • Penyakit otoimun seperti lupus, HIV/AIDS, rematoid artitis, penyakit ginjal, ataupun kanker.
  • Memiliki gangguan saluran pencernaan dalam penyerapan nutrisi makanan, seperti penyakit radang usus, tukak lambung, dan penyakit Crohn.
  • Sering konsumsi obat penghilang nyeri yang dibeli di warung, seperti aspirin yang dapat menghambat penyerapan nutrisi tertentu.
  • Faktor keturunan, seperti pada penyakit anemia aplastik, anemia hemolitik, anemia sel sabit.

Untuk lebih lengkapnya mengenai penyebab anemia silahkan

Gejala Kurang Darah

Lemas, letih, lesu merupakan ciri-ciri kurang darah yang umum walaupun gejala tsb dapat juga disebabkan oleh stres, kurang tidur, melawan virus penyebab infeksi, ataupun karena sedang sibuk.

Berikut ini adalah gejala anemia secara lengkap:

  • Kelelahan
  • Lemas
  • Kulit pucat
  • Detak jantung lebih cepat atau tidak beraturan
  • Sesak nafas, sulit bernafas
  • Nyeri dada
  • Pusing dan kleyengan
  • Sulit konsentrasi
  • Telapak tangan dan kaki dingin
  • Sakit kepala

Kebanyakan orang tidak menyadari gejala kurang darah bahkan hingga beberapa tahun kemudian sampai gejala terasa parah seiring dengan memburuknya penyakit anemia yang diderita.

Gejala kurang darah
Ciri-Ciri Kurang Darah Yang Paling Umum adalah Kelelahan (image: foxnews.com)

Hubungan Makanan dengan Anemia

Seperti yang telah diulas di atas, bahwa salah satu penyebab kurang darah yang umum adalah kurang gizi, seperti kekurangan zat besi, kekurangan asam folat, dan kekurangan vitamin B12.

Oleh karena itu salah satu cara mengatasi anemia adalah dengan menjaga asupan nutrisi tsb.

Makanan Yang Baik Untuk Anemia

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita anemia, yaitu:

  • Hati sapi sangat kaya akan zat besi dan vitamin B12 serta mineral yang penting untuk tubuh.
  • Makanan kaya vitamin C. Salah satu manfaat Vitamin C adalah membantu penyerapan zat besi. Jika Anda makan daging sapi atau makanan yang kaya zat besi, cobalah untuk memakannya bersamaan dengan sumber vitamin C seperti tomat, paprika, atau stroberi.
  • Sayuran berdaun hijau (seperti bayam, kale, brokoli, kankung) merupakan sumber asam folat dan zat besi yang baik. Hindari makan bayam mentah karena mengandung asam oksalat yang dapat menurunkan penyerapan zat besi.
  • Pemanis alami (dalam jumlah sedikit) seperti madu, stevia untuk mengganti penggunaan gula. Terlau banyak gula dapat memicu terjadinya anemia.
Baca juga:   Masker Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut, Ini Manfaat dan Cara Membuatnya!
makanan sebagai obat kurang darah alami
contoh makanan sebagai obat kurang darah alami

Pantangan Makanan Untuk Anemia

Selain ada makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita anemia, ada juga pantangan makanan untuk penderita anemia.

Berikut ini adalah contoh makanan yang harus dihindari penderita anemia, yaitu:

  • Tambahan gula / pemanis buatan
  • Coklat mengandung zat yang dapat menghilangkan zat besi dari dalam tubuh.
  • Soda karena rendah nutrisi dan tinggi gula.
  • Kopi dan teh hitam karena dapat menghambat penyerapan zat besi.

Resep Obat Kurang Darah Secara Alami dan Tradisional

Berbicara tentang obat kurang darah yang tepat harus didasarkan pada penyebab anemia itu sendiri. Oleh karena itu sebaiknya bila Anda mengalami gejala anemia, periksakanlah diri ke dokter untuk memastikannya.

Sebetulnya tak ada obat kurang darah khusus, yang ada adalah obat untuk mengatasi penyebab itu sendiri. Selain dengan perubahan gaya hidup, tambahan suplemen, dokter dapat saja menyarankan melakukan transfusi darah tergantung dari tingkat keparahan.

Di artikel kesehatan ini, saya hanya akan membahas obat alami anemia dan cara mengobati anemia khusus untuk kasus anemia yang sering dan umum saja, yaitu anemia karena kekurangan zat besi dan anemia karena kekurangan vitamin.

Berikut ini adalah cara mengobati gejala anemia secara alami, yaitu:

Resep Obat Kurang Darah Alami #1: Jaga Kesehatan Limpa

Cara mengatasi anemia yang pertama adalah menjaga, merawat, dan memberikan asupan gizi untuk limpa Anda. Limpa adalah sebuah organ tubuh yang bertanggung jawab dalam produksi sel darah merah, selain menjaga cairan tubuh. Limpa yang kurang sehat dapat menjadi salah satu faktor penyebab anemia.

Berikut ini adalah daftar makanan untuk penderita anemia dalam kaitannya untuk menjaga kesehatan limpa, yaitu labu-labuan yang berwarna oranye / jingga dan sayuran berdaun hijau (seperti bayam, kale, selada).

Resep Obat Kurang Darah Secara Alami #2: Jaga Kesehatan Saluran Cerna

Kesehatan saluran pencernaan sangat penting peranannya dalam penyerapan zat gizi yang berasal dari asupan makanan. Kekurangan nutrisi seperti zat besi dan vitamin merupakan penyebab anemia.

Probiotik merupakan salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna dengan menjaga jumlah mikroorganisme “baik” tetap dalam jumlah optimal dan menurunkan mikroorganisme “jahat”. Dengan demikian probiotik seperti yogurt dan minuman probiotik lainnya merupakan makanan yang baik untuk penderita anemia.

Resep Obat Kurang Darah Yang Alami #3: Konsumsi Makanan Yang Kaya Zat Besi

Cara mengatasi anemia secara alami berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi, seperti daging, hati sapi, hati ayam, makanan laut (seafood), kacang-kacangan, sayuran (seperti bayam, kale), dan produk biji-bijian (seperti sereal, roti).

Konsumsi hati merupakan resep obat kurang darah yang telah diturunkan oleh nenek moyang kita. Bila Anda tertarik, Anda dapat membuat sajian menu obat anemia alami yang enak ini di rumah, hati yang dicampur sayuran seperti wortel, seledri, bawang bombai, hmm pastinya yummy …

Resep Alami untuk Obat Kurang Darah #4: Kurangi Stress

Stress di tempat kerja, rumah berupa rasa cemas, takut, marah dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Tapi tahukah Anda bahwa stres yang dialami dapat mengganggu kesehatan hati dan limpa? Stress yang Anda alami dapat menyebabkan anemia. Jadi luangkanlah waktu untuk relaksasi setiap minggunya, berusahalah untuk berpikir positif, dan hindarilah prasangka.

Resep Obat Kurang Darah Tradisional #5: Konsumsi Tanaman Herbal

Dalam pengobatan cina, penyakit anemia sangat erat kaitannya dengan kondisi limpa. Dan ada satu tanaman herbal asli negara tsb yang dapat membantu menjaga kesehatan limpa, yaitu ginseng.

Ginseng merupakan obat kurang darah tradisional Cina karena tanaman herbal ini dapat menurunkan kortisol. Kortisol sendirilah yang berperan dalam meningkatkan stress.

Selain ginseng, tanaman beet juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem peredaran darah dan menjaga kadar zat besi dalam tubuh.

Resep Obat Kurang Darah Alami #6: Bila Diperlukan Minum Suplemen

Bila asupan dari makanan tidak mencukupi, cobalah tambahkan suplemen vitamin B komplek (mengandung vitamin B12 dan folat) dan suplemen yang mengandung zat besi. Banyak sekali obat anemia di apotik yang berbasis “food supplement”. Saya kira saya tak perlu menyebutkan nama obat kurang darah tsb ya, cukup tanyakan saja pada apoteker atau asisten apoteker mana merek yang terbaik.

Penutup

Walapun Anda dapat mengatasi anemia dengan cara perubahan gaya hidup seperti konsumsi makanan untuk anemia dan menggunakan resep obat kurang darah alami, namun akan lebih baik bila Anda berkonsultasi juga pada dokter. Anda jangan menduga-duga bila Anda mengalami gejala kurang darah lantas Anda terkena anemia. Pastikan dulu pada dokter dengan melakukan serangkaian tes.

Itulah informasi seputar obat kurang darah yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:
Sumber Referensi:draxe.com/anemia-symptoms/; patient.info/health/diets-suitable-for-people-with-anaemia